Penyelenggaraan Pekan Puisi Nasional Meriah

Foto Antara

Jakarta, Sayangi.com – Pekan Puisi Nasional di Taman Ismail Marzuki berlangsung meriah. Ada 250 peserta dari seluruh provinsi se Indonesia, kecuali Papua dan Sulawesi.

Pada hari pertama, menurut Ketua Panitia, Asrizal Nur Alhadulillahtelah tampil 80 peserta, esok sambung lagi InsyAllah sampai 100 orang lebih hingga dapat diselesaikan Minggu siang, 28 Juli dan malamya langsung final.

Dalam kata sambutannya ketika membuka kegiatan, Asrizal mengatakan, bahwa Lomba Baca Puisi Nasional ini merupakan peringatan Hari Puisi Nasional yang dideklarasikan 22 November 2012 lalu oleh 40 penyair Indonesia berkumpul di Pekanbaru, Riau. dipilih tanggal 26 Juli adalah mengingat tanggal kelahiran penyair legendaris Chairil Anwar 90 tahun lalu (tepatnya 26 Juli 1920).

“Hari ini merupakan peringatan Hari Puisi Nasional yang pertama” kata Asrizal.

Menurut Asrizal, yang juga ketua Yayasan Panggung Melayu, puisi dalam tradisi di Indonesia bukan sekedar kata-kata indah namun telah menyatu dalam ujaran seharihari, tak terpisahkan dalam kehidupan. Contohnya, di Simelueu Aceh. Mereka terselematkan gempa karena rakyatnya gemar menghafal puisi. Ada satu puisi yang maknanya kurang lebih seperti ini, apabila datang gempa besar lalu kamu melihat air laut suruh carilah tempat yang tinggi,” ujar Afrizal saat pemotongan tumpeng di Taman Ismail Marzuki. (VAL)