MUI Perjuangkan Ekonomi Syariah Jadi Ekonomi Alternatif

Foto: wordpress.com

Jakarta, Sayangi.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) bakal terus mengeluarkan fatwa, tuntunan moral, pelayanan dan pendampingan umat, serta mengkoordinasikan gerakan amar makruf nahi munkar. Termasuk mendorong tumbuh kembangnya ekonomi syariah sebagai ekonomi alternatif di negeri ini.

Menurut Ketua MUI Ma’ruf Amin, bersama instansi terkait dan elemen masyarakat lainnya, MUI gigih meyakinkan berbagai pihak, terutama penentu kebijakan, bahwa ekonomi syariah dapat dijadikan sistem ekonomi alternatif di negeri ini. “Di masa awal memang sangat berat memperjuangkan hal ini, tapi dengan keyakinan ada nya pertolongan dari Allah SWT, segenap usaha tersebut mulai memperlihatkan hasil,” kata Ma’ruf, Sabtu (27/7).

Indonesia saat ini sudah menganut dual economic system, yakni sistem konvensional dan sistem syariah. Namun, kata dia, harus diakui jika market share ekonomi syariah di negeri yang dihuni sekitar 250 juta manusia ini belumlah besar. Namun, kata Ma’ruf, Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial bagi aktivitas ekonomi syariah, karena jumlah umat Islam sangat besar dan potensi ekonomi yang belum digarap secara maksimal.

“MUI yakin apabila pemerintah terus memberikan fasilitas dan perlakuan sama, ke depannya, aktivitas ekonomi syariah akan tumbuh dan berkembang lebih besar. MUI mengajak semua pihak, khususnya para pemangku kebijakan untuk terus mendorong dan memberikan kesempatan kepada aktivitas ekonomi syariah. Sehingga ke depannya, Indonesia dapat menjadi destinasi dunia dalam berinvestasi ekonomi syariah,” tutupnya. (MSR)