Demonstran Jarah 10 Bank di Sao Paulo

Foto: washingtonpost

Sao Paulo, Sayangi.com – Para pemrotes Brazil menjarah sekitar 10 bank dan membakar sebuah mobil van televisi berita di Sao Paulo pada Jumat (26/7) sebelum polisi membubarkan mereka dengan gas air mata.

Para demonstran berbaris di pusat kota untuk menunjukkan dukungan bagi demonstran di Rio de Janeiro yang telah mengadakan beberapa aksi protes terhadap Gubernur Negara Bagian Sergio Cabral.

Di Rio, sekitar 200 pengunjuk rasa berbaris ke dalam beberapa meter dari panggung Pantai Copacabana di mana Paus Fransiskus menggelar upacara besar-besaran dengan ratusan ribu kaum muda Katolik.

Protes-protes di dua kota itu lebih kecil dibandingkan dengan demonstrasi besar yang diadakan di seluruh Brasil bulan lalu untuk mengecam korupsi, keterlambatan pelayanan publik dan biaya Piala Dunia 2014.

Di Sao Paulo, para demonstran bertopeng memukulkan batang-batang logam ke jendela-jendala seluruh bank, memecahkan lampu lalu lintas dan sampah-sampah dibakar untuk memblokir Paulista Avenue yang banyak digunakan. Sebuah mobil van televisi dibakar dan dealer mobil dihancurkan.

Para pengunjuk rasa menggunakan cat semprot untuk melukiskan simbol-simbol anarkis di dinding.

Sekitar 100 petugas polisi membubarkan protes tersebut dengan menembakkan gas air mata dan granat pembising suara. (FIT/Ant)