Menteri Agama: Tahun 2015 Anggaran MUI Rp 33 Milyar

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mendapat angin segar dari Pemerintah, seiring disetujuinya pengajuan alokasi anggaran dana sebesar Rp 33 milyar pada tahun 2015.

Namun, melalui Menteri Agama Suryadharma Ali, Pemerintah menyatakan, penambahan anggaran yang diajukan Ketua MUI KH. Ma’ruf Amin itu tak bisa direalisasikan dalam waktu dekat. “Anggaran MUI akan meningkat. Beberapa waktu lalu KH. Ma’ruf Amin mengusulkan agar anggaran MUI dinaikkan. Ini tak bisa ditolak, hanya ditunda realisasinya. Pada 2015, anggaran Rp 33 milyar itu baru bisa tercapai,” kata Suryadharma, Sabtu (27/7).

Suryadharma menambahkan, anggaran yang diberikan kepada MUI selama ini sangat kecil. Padahal, MUI cukup banyak membutuhkan dana operasional untuk melakukan kegiatan-kegitan di negeri ini. “MUI kalau tidak salah pada saat ini anggarannya Rp 3 milyar pertahun. Memang anggaran ini sangat kecil sekali,” katanya.

Karenanya, lanjut Suryadharma, selain dana anggaran 2015, Pemerintah juga akan menaikkan kucuran dana untuk MUI pada 2014 yang akan datang. Dana yang akan diturunkan pada tahun depan itu, kata Suryadharma, mencapai Rp 10 milyar. “Insa Allah pada 2014 nanti bisa mencapai Rp 10 miliar. Jadi ada kenaikan 300 persen, insyaallah,” katanya. (MSR)