Metromini Bakal Jadi Feeder Busway

Foto: Sayangi.com/Zavin

Jakarta, Sayangi.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama (Ahok) menjelaskan, saat ini perusahaan Metromini yang berbentuk Perusahaan Terbatas (PT) sebagai payung hukum sudah tidak ada lagi. Sebagian besar Metromini menjadi milik perorangan.

Armada Metromini milik perseorangan yang telah diremajakan nantinya akan dijadikan bus pengumpan (feeder) busway. Sebagai angkutan bus sedang, Metromini boleh masuk jalur khusus moda angkutan massal (busway), seperti juga Kopaja AC.

“Operasionalisasi Metromini secara PT sudah kami hilangkan. Untuk Metromini milik perorangan ini, kami harus mengatasinya agar lebih baik dan akan terus dibenahi. Tapi individu yang memiliki satu hingga dua Metromini tidak dipaksakan memiliki garasi dan bengkel sendiri,” kata Ahok saat ditemui di Balaikota DKI, Sabtu (27/7).

Lebih lanjut dijelaskan, Ahok mengaku telah bertemu dengan dua kelompok jajaran direksi yang mengklaim memiliki hak atas Metromini. Dalam pertemuan tersebut, Ahok menawarkan peremajaan Metromini. “Kalau mereka mau melakukan peremajaan massal Metromininya, maka kapasitasnya akan kami tingkatkan menjadi feeder. Tarifnya pun bisa naik Rp 5.000 per penumpang dari sebelumnya Rp 3.000 per penumpang. Itu juga salah satu inisiatif kami,” sambung Ahok.

Sementara itu, Kabid Pengendali Operasi Dishub DKI Jakarta, Sunardi Sinaga mengatakan bahwa razia terhadap Metromini kembali digelar serentak di lima wilayah kota. Hal itu dilakukan upaya untuk menertibkan angkutan umum yang tidak patuh aturan. “Razia ini digelar serentak di lima wilayah kota DKI. Hasilnya, sebanyak 24 Metro Mini ditindak, 12 diantaranya dikandangkan,” ucap Kabid Pengendali Operasi Dishub DKI Jakarta, Sunardi Sinaga, saat dikonfirmasi oleh Sayangi.com, Sabtu (27/7). (MSR)