Gus Iful: Tidak Ada Usaha Hadang Calon Lain

Foto: Antara

Surabaya, Sayangi.com – Adanya isu kampanye hitam yang menyerang pasangan petahana Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) selama gugatan pasangan Khofifah-Herman berlangsung di  Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) ditanggapi santai oleh Saifullah Yusuf (Gus Iful).

“Sesungguhnya tidak ada usaha kami menghadang dan meloloskan calon lain. Itu persoalan internal partai politik yang bersangkutan, yakni Partai Kedaulatan (PK) dan Partai Persatuan Nasional Ummah indonesia (PPNUI) yang memberikan dukungan ganda” tegas Gus Iful kepada wartawan (22/7)

Terkait dengan putusan DKPP dan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Pasangan Karsa mengaku siap menghormati.

“Apapun putusannya, kami menghormati dan menghargainya. Jika pasangan Khofifah-Herman lolos, maka kami ucapkan selamat, namun jika tidak, maka keputusan itu juga harus dihormati,” ujar Wagub Jatim Saifullah Yusuf.

Sementara itu, sidang DKPP yang dilakukan di Jakarta sudah dua kali dilangsungkan, yakni Kamis-Jumat (25-26 Juli 2013). Agenda hari pertama, mendengarkan  keterangan para komisioner KPU Jatim, sedangkan hari kedua mendengarkan saksi-saksi dari pengadu beserta ketua umum dan sekretaris jenderal dua partai yang bermasalah.

Sidang putusan perkara tersebut rencananya pada Senin (29/7). Sebelum diputuskan, DKPP memberikan kesempatan kepada pihak teradu, yakni KPU Jatim untuk mendatangkan saksi ahli. Rencananya, KPU mendatangkan Prof Dr Emanuel Sudjatmoko SH dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. (VAL/ANT)