Yusril: PBB Kerja Keras Raih Dukungan Besar di Jawa

Surabaya, Sayangi.com – Ketua Majlis Syuro Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra mengatakan, PBB kini fokus melakukan pendekatan kepada masyarakat Jawa Timur dan Jawa Tengah yang selama ini dinilai dukungannya terhadap PBB masih lemah.

“Kami betul-betul bekerja keras untuk mendapat dukungan lebih besar di Jawa,” kata Yusril Saat melakukan konsolidasi dengan para caleg PBB se-Jatim di kediaman caleg DPR RI Dapil 1 Surabaya-Sidoarjo Wishnu Wardhana, Surabaya, Sabtu (27/7/2013) malam.

Mantan Menteri Sekretaris Negara itu mengaku pendukung PBB selama ini berada di luar Jawa.

“Pendukung kami selama ini dari Sumatera Barat, Bangka Belitung, Kalimatan Selatan, Sulawesi, NTB, Maluku dan lainnya. Tapi kelemahan PBB ada di Jateng dan Jatim. Saya sudah menghabiskan waktu hampir 2,5 tahun untuk memperkuat PBB di Jatim,” katanya.

Yusril mengatakan pihaknya saat ini telah mengubah strategi pendekatan dari yang semula lebih pada masyarakat elit maupun kampus, namun saat ini sudah mengarah ke kiai, santri, dan masyarakat abangan.

“Kami rutin turun ke bawah. Salah satunya saya baru datang dari Madura untuk bersilaturahmi dengan pendukung PBB dan sekaligus menghadiri Haul Pondok Pesantren Banyuanyar,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya saat ini juga melakukan konsolidasi dengan para caleg PBB untuk DPR RI, DPR Jatim dan DPRD Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

Ia mengatakan jumlah partai yang hanya 14 partai dan juga disertai banyaknya partai yang tersandung masalah hukum menjadi “angin segar” buat PBB.

“Ada harapan baru PBB untuk bisa berkembang menjadi partai besar,” katanya.

Apalagi, lanjut dia, tahun ini banyak dari kalangan masyarakat mulai gabung dengan PBB, baik di Jatim maupun Jateng. “Kami bersyukur, PBB bisa mendapat dukungan dari masyarakat,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Caleg DPR RI Dapil 1 Surabaya-Sidoarjo Wishnu Wardhana mengatakan pihaknya punya tekad untuk menjadikan PBB menjadi partai besar.

Apalagi, dengan konstalasi politik saat ini yakni banyak partai yang tersandung kasus korupsi, sehingga hal itu diharapkan menjadi peluang bagi PBB untuk menjadi pilihan alternatif masyarakat.

“Ini menjadi harapan besar bagi PBB. Meski saat ini masih kecil, namun PBB memiliki pemimpin yang memiliki komitmen yang besar seperti halnya Pak Yusril,” katanya.

Wishnu mengatakan pihaknya memiliki target untuk masing-masing daerah yakni Surabaya dan Sidoarjo, PBB meraih minimal tujuh kursi di legislatif pada Pemilu 2014.

Sementara itu, Aunul Fitri S.Fil.I M.Pd.I yang menjadi Caleg DPRD Kota Surabaya Nomor Urut 2 mengatakan kehadiran orang nomer satu di PBB di Surabaya itu menjadi penyemangat bagi dirinya dan kader PBB lainnya.

“Semoga kehadiran Prof Yusril Ihza Mahendra di Jatim akan menjadi pencerahan bagi masyarakat Jatim, khususnya Surabaya, dalam menerima visi dan misi PBB,” kata caleg dari dapil 2 (Semampir, Kenjeran, Tambaksari, dan Pabean Cantikan) itu. (MI/Ant)