1.300 Orang Ikuti Lomba Lari Malam Ramadhan

Foto: Design by Amy

Jakarta, Sayangi.com – Sebanyak 1.300 orang mengikuti lomba lari pada malam bulan suci Ramadhan dengan jarak 10K dan 5K yang dimulai serta berakhir di pintu barat daya Monas, Jakarta.

“Telkomsel bekerja sama dengan Garuda Finishers dan Yayasan Tunggadewi menyelenggarakan kegiatan “Charity Fun Run” yang dilaksanakan pada malam bulan Ramadhan yang diikuti kurang lebih dari 1.300 peserta,” ujar Vice President Marketing Communications Telkomsel Irlamsyah Syam di Jakarta, Sabtu.

Menurut dia, lari tersebut mengusung tema “Berlari dan Berbagi”. Setiap pelari akan menyumbangkan satu nasi kotak untuk setiap kilometer jarak yang sudah ditempuh dengan total sejumlah 10.000 nasi kotak.

Ia mengatakan 10.000 nasi kotak itu akan didistribusikan ke berbagai panti asuhan di Jabodetabek untuk dapat dinikmati anak-anak yatim piatu serta saudara-saudara yang kurang beruntung.

“Kami melihat adanya animo yang sangat tinggi dari pada pelari sekalipun di bulan Ramadhan. Hal ini karena lari telah menjadi bagian dari gaya hidup sehat masyarakat, khususnya di daerah perkotaan,” ujar dia.

Sementara itu, inisiator Komunitas Pelari Garuda Finisher, Mayor (Inf) Agus Harimurti Yudhoyono mengatakan kegiatan tersebut disamping menunjang gaya hidup sehat, juga menjalin interaksi positif antar berbagai elemen masyarakat.

“Dan membangun semangat kebersamaan. Kegiatan ini juga terasa lebih lengkap karena kami dapat berbagi dengan anak-anak yatim,” kata dia.

Ia mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan pada malam hari karena tidak mungkin menyelenggarakannya di pagi maupun siang hari dan menghormati bulan puasa.

“Kita menghormati waktu puasa yaitu setelah berbuka puasa dan selesai melaksanakan ibadah tarawih,” ujar dia.

Menurut dia, Garuda Finishers adalah salah satu komunitas pelari di Indonesia yang tujuannya untuk menjalin interaksi positif antar berbagai elemen masyarakat, serta membangun semangat kebersamaan dan sportivitas melalui olahraga lari.

Komunitas ini didirikan pada tanggal 20 Mei 2013 dalam rangka memperingati Hari Jadi Brigade Infanteri Lintas Udara 17 Kostrad, yang merupakan kesatuan Mayor Agus.

Ia menambahkan event pertama yang diselenggarakan adalah “Kujang Run” di kompleks militer Cijantung. Anggotanya sangat beragam dan mewakili berbagai elemen masyarakat, baik sipil maupun militer, yang menyenangi olahraga lari sebagai hobi ataupun profesi.

“Motto Garuda Finishers : ‘It doesn’t matter how fast or how slow you are, just RUN and FINISH what you have started’.

Filosofi dari motto ini adalah ‘never give up’ di mana kompetisi terberat adalah melawan diri sendiri,” kata dia. (RH?ANT)