Harga Cabai Kembali Naik di Palembang

Foto: Sayangi.com/Okky Tirto

Palembang, Sayangi.com – Harga cabai merah yang dijual oleh sejumlah pedagang di pasar tradisional di Kota Palembang, Minggu (28/7) pagi, tercatat Rp40 ribu per kilogram, atau kembali naik setelah beberapa hari lalu sempat turun.

Pasaran cabai mereh pada awal Ramadhan sempat menyentuh harga Rp60 ribu/kg, dari sebelumnya sekitar Rp30 ribu/kg, sehingga Disperindag saat itu berencana melakukan operasi pasar untuk mengendalikan harga, kata Rifin pedagang di pasar tradisional Kelurahan 7 Ulu Palembang, Minggu (28/7).

Namun operasi pasar tersebut dibatalkan, karena harga jual berangsur turun hingga mencapai Rp26 ribu/kg lantaran pasokan cabai merah produksi petani mulai lancar dan melimpah. Menurut dia, lagi-lagi harga turun tersebut hanya berlangsung beberapa hari, dan kemudian mengalami kenaikan lagi hingga mencapai Rp40 ribu/kg.

Menurut Rifin, kenaikan harga tersebut karena nilai tebus dari agen lebih tinggi dibanding sebelumnya, di samping itu pasokan barang dari sentra produksi yang didatangkan pedagang pengumpul tersendat. Memang, kata dia, selama Ramadhan ini permintaan konsumen akan cabai merah terjadi peningkatan, tetapi tetap tergantung dengan pasokan barang jika lancar dan jumlahnya melimpah maka harga akan menyesuaikan menjadi turun dan demikian pula sebaliknya.

Mengenai pasokan, menurut dia, cukup lancar dan hanya jumlah barang saja masih terbatas sehingga tidak berimbang dengan peningkatan permintaan konsumen. Kondisi demikian, kata dia, rutin terjadi setiap menjelang Ramadhan dan puncak kenaikan harga biasanya terjadi hingga sehari atau dua hari menjelang Idul Fitri.

Menurut dia, menjelang Idul Fitri biasanya permintaan akan meningkat sehingga kalau pasokan barang masih stabil atau tidak bertambah maka berimbas pada kenaikan harga cukup tinggi. Sementara, jenis hasil pertanian lainnya menjelang Ramadhan ini seperti bawang merah dan sayur mayur juga mulai terjadi peningkatan permintaan diiringi dengan harga jual naik.

Bahkan bawang merah sudah menyentuh harga Rp60 ribu/kg, dari sebelumnya sekitar Rp38 ribu bahkan normalnya paling tinggi Rp24 ribu/kg. Harga bawang merah dipatok sekitar Rp60 ribu/kg, dan bawang putih Rp12 ribu/kg.

Diakui, permintaan bawang merah dan bawang putih selama Ramadhan ini cukup tinggi, sehingga harga jualnya naik drastis. Kecuali bawang putih walaupun permintaan konsumen meningkat, tetapi pasokan barang lancar dan jumlahnya melimpah, sehingga harga jualnya tetap stabil Rp12 ribu/kg. Khusus sayur-mayur, sejak awal Ramadhan mulai terjadi kenaikan harga yang disertai peningkatan jumlah permintaan.

Menurut pedagang, khusus pasokan sayur-mayur sekarang ini lancar diimbangi dengan jumlah stok barang yang cukup banyak, sehingga kenaikan harga masih dalam batas wajar, seperti kool gepeng naik dari Rp5.000 menjadi Rp5.500/kg, buncis naik dari Rp5.500 menjadi Rp6.000/kg, terong panjang dari Rp7.000 menjadi Rp8.000/kg dan wortel tanpa daun Rp5.000/kg. (HST/ANT)