Atlet Nasional Juarai Lomba Lari Ramadhan

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Pelari Indonesia Jauhari Johan keluar sebagai juara pada lomba lari Ramadhan “Halo Fit Night Run 10 Kilometer” untuk kategori putra, Sabtu (27/7) malam yang dimulai serta berakhir di pintu barat daya Monas, Jakarta.

Ia menyentuh garis finis paling awal dengan mencatatkan waktu 30 menit 35 detik. Catatan waktu ini, kata Jauhari, lebih baik dibandingkan dengan saat menyelesaikan lomba lari Jakarta International 10 Kilometer untuk kategori atlet elite nasional dengan waktu 31 menit enam detik.

“Tidak ada persiapan khusus untuk malam ini, alhamdulillah bisa menyelesaikan dengan baik,” ujar Jauhari Johan, Minggu dini hari.

Disinggung mengenai stamina, Jauhari mengatakan tidak ada masalah meskipun lari di malam hari.

“Mungkin hanya merasa ngantuk saja tapi secara keseluruhan tidak terlalu menjadi masalah,” kata dia.

Sementara untuk kategori putri 10 Kilometer memunculkan pemenang pelari nasional Rini Budiarti dengan mencatatkan waktu 37 menit 45 detik. Sedangkan di kategori putra 5 Kilometer ada pelari Ezekiel Ruto Kipkosgei dengan catatan waktu 11 menit mengungguli pelari nasional Ridwan dengan waktu 11 menit 10 detik.

Untuk kategori putri 5 Kilometer dimenangkan pelari Novita Andriyani dengan mencatatkan waktu 13 menit 52 detik.

Ramadhan Halo Fit Night Run merupakan sebuah kegiatan fun run dengan jarak 10K dan 5K yang terbuka untuk umum dan pelari profesional.

Acara itu diselenggarakan oleh kartuHalo Telkomsel, Garuda Finishers, dan Yayasan Tunggadewi.

Kegiatan ini unik karena dilaksanakan pada malam hari di bulan Ramadhan. Dengan statusnya sebagai kegiatan amal (charity), setiap pelari akan menyumbang 1 nasi kotak untuk setiap kilometer jarak yang sudah ditempuh dengan total sejumlah 10.000 nasi kotak.

Untuk semua peserta yang telah mencapai garis Finish akan mendapatkan medali (finisher medal).

Khusus untuk tiga pelari tercepat putra dan putri di masing-masing kategori akan diberikan hadiah berupa uang tunai.

Pemenang pertama di kategori putra/putri 10 Kilometer mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp7 juta, pemenang kedua sebanyak Rp5 juta dan ketiga senilai Rp3 juta.

Sedangkan untuk pemenang pertama di kategori putra/putri 5 Kilometer mendapatkan uang tunai sebesar Rp5 juta, juara kedua sebanyak Rp3 juta dan ketiga senilai Rp2 juta. (RH/ANT)