Kontingen Paralayang Indonesia Menuju Kejuaraan Dunia

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Kontingen paralayang Indonesia diwakili tiga atlet yakni Elisa Manueke, Nanang Sunarya, Lis Andriani siap mengikuti kegiatan World Games di Kolombia yang dilaksanakan 30 Juli hingga 4 Agustus 2013.

“Ketiga atlet tersebut berangkat ke Cali Kolombia yang didampingi satu pelatih yakni Wahyu Yudha,” ujar Ketua Paralayang Indonesia, Djoko Bisowarno dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Hal tersebut disampaikan Djoko Bisowarno di Bandara Soekarno Hatta pada saat melepas keberangkatan Kontingen Paralayang.

Menurut dia, keikutsertaan kontingen Paralayang Indonesia untuk berlaga pada World Games 2013 ini merupakan Penghargaan Dunia kepada olah raga Indonesia, khususnya untuk paralayang Indonesia.

“Angin Segar terasa kembali memberikan harapan besar pada saat diumumkannya 3 Atlet paralayang termasuk pada daftar 78 atlet paralayang Top Rangking Dunia yang diundang oleh International World Games Association (IWGA), untuk berlaga pada World Games 2013 yang merupakan Kejuaraan multi-sport event yang terbesar kedua setelah Olimpiade Dunia,” kata dia.

Ia mengungkapkan harapan besar pada nomor putri, dengan terpanggilnya Lis Andriana sang juara Dunia 2012 kelas Women Accuracy, dan Elisa Manueke yang saat ini berada pada peringkat 3 Dunia seri PGAWC (Paragliding Accuracy World Cup) , serta nanang yang berada pada peringkat 17 Dunia.

Ia menjelaskan prestasi Paralayang Indonesia terus menanjak sejak asian Beach Games 2008 di Bali yang memberikan kontribusi 8 emas dari 23 emas yang direbut Kontingen Indonesia, serta Sea Games 2011 yang menyabet 10 emas dari 12 emas yang diperebutkan, serta Juara Dunia Accuracy Women tahun 2010, 2011, 2012 yang direbut oleh 3 atlet yang berbeda yaitu Ifa, Mila dan Lis Andriana yang saat ini terpanggil pada World Games 2013.

“Kesiapan fisik dan teknis telah dilakukan secara optimal oleh 3 Atlet paralayang Indonesia tersebut, termasuk adanya dukungan dari Kementrian pemuda dan Olahraga, serta KOI dan PB.FASI,” ujar dia.

Ia mengharapkan kontingen Paralayang Indonesia mampu menghasilkan prestasi yang terbaik.

World Games adalah kegiatan multi event dunia (mempertandingkan beberapa cabang olah raga sekaligus dalam satu waktu) terbesar kedua setelah Olimpiade dunia, yang mempertandingkan 31 cabang olah raga, termasuk Paralayang. (RH/ANT)