Warga Mulai Sumbang Korban Kebakaran 9/10 Ulu Palembang

Foto: Antara

Palembang, Sayangi.com – Warga mulai memberikan sumbangan untuk korban kebakaran yang menghanguskan 15 unit rumah toko yang dihuni 40 jiwa di Kelurahan 9/10 Ulu Palembang. Kebakaran terjadi pada Sabtu, 27 Juli 2013, pukul 20 WIB.

Menurut Ketua Rukun Tetangga (RT) 34 Kelurahan 9/10 Ulu, Kesuma, bantuan tersebut datangnya dari warga yang melintas di kawasan tersebut, dan disalurkan di posko yang telah berdiri di sekitar lokasi kebakaran. Sedangkan bantuan dari perusahaan Pemerintah, BUMN dan BUMS di Sumatera Selatan belum ada.

“Bantuan yang disumbangkan warga tersebut berupa uang dan minuman kemasan, ada juga yang menyumbang beras”, kata Kesuma.

Mengenai asal api, ia kurang mengetahui secara pasti termasuk jumlah kerugian, namun dari musibah itu tidak ada korban jiwa.

Menurut Akiong (45), salah satu pemilik ruko yang terbakar itu, seluruh hartanya ludes terbakar, dan tidak bisa diselamatkan lagi karena api sangat cepat menghanguskan bangunan rukonya.

“Namun, seluruh anggota keluarganya berhasil menyelamatkan diri”, kata Akiong.

Akiong juga tidak mengetahui dari mana asal api, tapi kemungkinan berasal dari salah satu rumah warga di dekat Sungai Musi.

Menurut dia, api cepat merambat ke belasan ruko dan para petugas dari sejumlah mobil pemadam kebakaran Pemkot Palembang bahu membahu bersama warga setempat memadamkan api.

Upaya itu membuahkan hasil dan api dapat dikuasai sekitar pukul 23.00 WIB, katanya.

Rumah warga yang terbakar tersebut berhadapan dengan kelenteng dan berjarak sekitar 30 meter dari pusat pasar tradisional Kelurahan 10 Ulu.

Sementara, para pemilik ruko sibuk berkemas membersihkan puing dan sisa kebakaran serta mencari barang-barang yang kemungkinan masih bisa dimanfaatkan. (VAL/ANT)