Isi Bensin di Supermarket Saat Mudik? Bisa Kok.

Foto: Torontoist.com

Jakarta, Sayangi.com – Selama mudik, stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Pertamina biasanya ‘diserbu’ pemudik. Untuk menghindari antrean, PT Pertamina (Persero) menyediakan bahan bakar khusus (BBK) seperti Pertamax dalam bentuk kemasan kaleng di 122 titik supermarket di kawasan rawan macet.

“PT Pertamina akan memanjakan konsumennya yang menggunakan bahan bakar non-subsidi selama arus mudik dan arus balik 2013. Pengguna bahan bakar khusus (BBK) seperti Pertamax misalnya, bisa mengisinya lewat gerai supermarket,” ujar General Manager Operating Marketing Region III Pertamina Hasto Wibowo saat di Depot Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Minggu (28/7/2013) pagi.

Dijelaskan Hasto, Pertamina juga menyediakan BBK dalam kemasan drum atau kaleng kecil. Pertamax kaleng akan tersedia dalam ukuran 5 liter, 10 liter, serta 20 liter. Penjualan ini dikhususkan untuk melayani kebutuhan kendaraan motor dan mobil menggunakan BBM nonsubsidi. Selain itu, ada pula drum 200 liter di setiap SPBU sebagai antisipasi konsumen yang menggunakan kendaraan roda empat. Pertamax kemasan kaleng ini dapat diisi kembali (refill) di SPBU.

“Ini kita jual di seluruh Indonesia. Selisih harganya Rp 500 dari harga normal. Jadi lebih tinggi. Misalnya, kalau dijual Rp 10 ribu per liter saat harga normal, maka ini dijual Rp 10.500,” imbuhnya.

Menurut dia, Pertamax eceran itu dapat dibeli di 355 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan lima lokasi bertanda Kios Pertamax. Selain itu, kita siapkan corong di dalamnya agar pengisian dapat dilakukan dengan mudah. Penjualan Pertamax kemasan juga tetap berlanjut hingga post event.

Selain itu, di Posko Mudik Pertamina atau Oase Pertamina, khususnya Serambi Pertamax, perusahaan plat merah ini juga memberikan beberapa fasilitas dan pelayanan bagi konsumen pengguna bahan bakar khusus (BBK). “Seperti makanan dan minuman, cuci kaca dan vacum, pijat reflexy, serta posko kesehatan,” jelasnya.

“Sedangkan untuk arus mudik, 2-7 Agustus, akan memberikan pelayanan posko mudik di enam SPBU jalur mudik yang mencakup di kawasan Jawa Barat dan Jawa Tengah. Untuk arus balik, 10-13 Agustus, kita siapkan pelayanan posko balik di dua SPBU jalur balik,” pungkasnya. (MSR)