Kiat Belanja Hemat Mudik dan Lebaran

Foto: Sayangi.com/Emil Ondo

Jakarta, Sayangi.com – Menjelang lebaran, masyarakat Indonesia mulai disibukan berbagai aktivitas persiapan menyambut Hari Raya nanti. Belanja untuk keperluan Lebaran pun sudah menjadi  salah satu tradisi yang tak pernah dilewatkan dalam menyambut idul Fitri. Tingkat konsumsi yang melonjak ini pun sedikit banyak telah mempengaruhi pengeluaran anda. Berikut beberapa kiat-kiat belanja hemat menjelang Lebaran yang dihimpun Sayangi.com

Buatlah Daftar, Estimasi, Dan Prioritas Keperluan Anda

Sebelum anda memutuskan untuk pergi ke pusat perbelanjaan, ada baiknya anda membuat daftar barang apa saja yang diperlukan untuk Lebaran  nanti. Akan lebih baik lagi jika anda menentukan berapa budget anda untuk belanja Lebaran tahun ini. Lalu buatlah estimasi budget dari setiap barang-barang yang anda ingin beli. Setelah total biaya anda dapatkan, anda bisa mulai mengeliminasi beberapa barang yang mungkin tidak terlalu dibutuhkan terkait budget anda. Ingatlah, membuat sebuah prioritas dalam rencana belanja anda itu adalah hal penting untuk menghemat pengeluaran anda.

Pilih Teman Atau Kerabat  Sebagai Teman Berbelanja

Mengajak kerabat atau teman bisa membantu anda untuk menekan nafsu belanja anda yang berlebihan. Namun pintar-pintarlah memilih, teman atau kerabat yang bijak dan bisa mengingatkan anda adalah pilihan terbaik teman belanja anda. Teman atau kerabat yang up to date dengan fashion juga bisa membantu memilihkan busana yang terbaik untuk anda.

Uang Tunai

Akan lebih baik anda membawa uang cash secukupnya saat berbelanja nanti. Sesuaikan nominalnya dengan total estimasi biaya yang sudah anda buat dan bisa anda tambahkan sedikit untuk beberapa hal yang tidak terduga. Hindari pemakaian kartu kredit yang berlebihan.

Pintar Memanfaatkan Diskon

Jelang Lebaran, pusat perbelanjaan makin marak dengan pesta diskon, namun jangan sampai terjebak oleh kata diskon. Cermati baik-baik harga dan kualitas barang yang didiskon, dengan kondisi barang-barang yang ditawarkan seperti itu apakah layak untuk dibeli.

Belanja Online

Dalam beberapa tahun belakangan, bisnis online mulai menjadi alternatif belanja masyarakat Indonesia. Bagi anda yang terlalu sibuk atau tidak lelah untuk acara belanja, bisa menggunakan online shoping untuk keperluan Lebaran anda. Namun pastikan online shoping tersebut dapat terpercaya memberikan barang-barang sesuai dengan pesanan dan dengan kondisi yang baik.

Nah, sekarang anda akan lebih siap dengan lebaran anda. (FIT)