Hatta Janji Lindungi dan Beri Akses Pengusaha Pemula

Foto: Antara

Pandeglang, Sayangi.com – Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan pemerintah akan melindungi para pengusaha pemula dan telah meminta pemerintah daerah membuka akses usaha bagi mereka.

“Kita di jajaran kementerian perekonomian mempunyai tiga kebijakan untuk mendorong berkembangnya perusahaan, yakni memangkas proses perizinan, memberikan insentif bagi perusahaan yang banyak membuka lapangan pekerjaan serta melindungi pengusaha/perusahaan pemula,” katanya pada acara sosialisasi kebijakan ekonomi kerakyatan untuk pengembangan kewirausahaan pemula dan investasi dalam meningkatkan daya saing di Pandeglang, Minggu.

Perlindungan dan pemberian akses terhadap pengusaha pemula tersebut, kata dia, sangat penting agar mereka bisa terus berkembang sehingga ke depan menjadi pengusaha yang handal.

Menurut dia, perlindungan pada pengusaha pemula merupakan upaya dari pemerintah untuk mendorong kewirausahaan yang peranannya sangat penting untuk kemajuan suatu negara.

“Tidak ada negara maju, kalau tidak ada dukungan dari sekurangnya 40 persen penduduknya yang berwirausaha, karena itulah maka kewirausahaan itu perlu terus kita dukung dan kembangkan,” katanya.

Ia juga menjelaskan, seorang yang memiliki jiwa wirausaha bisa mengubah dari sesuatu yang kurang baik menjadi baik, dan sesuatu yang tidak memiliki nilai juga dapat menghasilnya nilai jual atau nilai tambah.

Pemerintah, kata dia, saat ini mengubah pradigma pemberian bantuan pada masyarakat, yakni dari semula memberikan “ikan” menjadi membantu “kail” dengan tujuan mendorong pemberdayaan masyarakat dan munculnya para wirausaha pemula.

“Kalau masyarakat sudah memiliki jiwa usaha maka dia akan bilang, “berikan saya kail nanti akan saya tangkap ikan itu”, dan kita ingin mewujudkan masyarakat yang memiliki jiwa seperti ini,” katanya.

Ia juga menyatakan, ada beberapa persyaratan agar para wirausaha pemula dapat berkembang, diantaranya adanya sikap mau berbagai dari para pengusaha yang telah sukses dengan pengusaha pemula itu.

Kemudian, kata dia, setiap pekerjaan/tugas yang diberikan harus dilaksanakan secara bertanggung jawab, memiliki komitmen tinggi, harus berani mengambil keputusan yang didasari pertimbangan-pertimbangan serta perlu diberi ruang oleh pemerintah.

Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi menyatakan, pemerintah daerah selama ini terus mendorong kewirausahaan di daerah tersebut, sebagai bentuk dukungan terhadap program kewirausahaan nasional 2014.

“Kita terus mendorong masyarakat untuk berwirausaha dengan mengelola berbagai potensi sumber daya alam yang tersedia, dan selama ini sudah cukup banyak yang berhasil,” katanya.

Kabupaten Pandeglang, kata dia, memiliki cukup banyak sumber daya alam pada berbagai sektor, seperti pertanian, kehutanan, kelautan dan perikanan serta pariwisata.

“Kita memberikan peluang bagi masyarakat untuk berwirausaha mengelola potensi-potensi tersebut. Kami juga berharap adanya bantuan dari pemerintah pusat agar kewirausahaan di Pandeglang terus berkembang,” katanya. (VAL/ANT)