Humanika: Mari Kita Bersimpati Terhadap Warga Kurang Mampu!

Foto: Ant

Jakarta, Sayangi.com – Himpunan Masyarakat untuk Kemanusiaan dan Keadilan (Humanika) Jakarta Utara mengajak masyarakat agar peduli pada orang-orang yang tidak mampu. Humanika menilai, kepedulian dan rasa simpati terhadap sesama merupakan perwujudan manusia sebagai makhluk sosial.

“Peka pada orang-orang di sekitar kita dan membantu meringankan beban mereka itu wujud kita sebagai makhluk sosial. Jadi, mari kita bersimpati, terutama pada mereka yang kurang mampu,” kata Ketua Humanika Jakarta Utara, Sidik Dahlan saat mengadakan Bakti Sosial dengan memberikan sekitar 200 paket sembako di aula SMUN 18, Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (28/7).

Humanika sendiri merupakan organisasi yang bergerak dalam penegakan keadilan dan kemanusiaan. Organisasi ini didirikan oleh Bursah Zarnubi dan eksponen kelompok Cipayung pada tahun 1990an.

Menurut Sidik, rasa simpati itu bisa tumbuh jika seseorang sadar bahwa ia merupakan makhluk sosial. Kesadaran itu akan membuat seseorang berpikir bahwa dalam hidup ada kalanya membutuhkan bantuan orang lain dan ada kalanya dibutuhkan juga oleh orang lain.

“Itulah sebabnya kita disebut sebagai makhluk sosial, karena kita memang harus belajar bersimpati dan menghargai kekurangan orang lain,” jelas dia.

Selain membagikan 200 paket sembako, Humanika juga memberikan santunan kepada yatim/piatu dan jompo. Paket sembako yang diberikan ini berisi 1 kg gula pasir, 1 liter minyak goreng, dan lima bungkus mie instan.

Tak ayal, bantuan ini pun disambut baik warga yang menerima. Aminah (57 tahun) menyatakan bantuan ini sangat berharga baginya, apalagi di tengah melonjaknya harga-harga kebutuhan pokok. Oleh karenanya, perempuan beranak tiga tersebut mengungkapkan kalimah syukur dan ucapan terima kasih atas bantuan ini.

“Alhamdulillah, ini sangat berarti bagi saya dan keluarga, karena sekarang semuanya mahal sekarang,” ujar Aminah sembari menyalami anggota Humanika.