Kemenangan Perdana Hamilton di GP Hungaria

Foto: reuters

Budapest, Sayangi.com – Pebalap Inggris Raya Lewis Hamilton meraih kemenangan perdananya untuk Mercedes di Grand Prix Hungaria pada Minggu, sedangkan pebalap Red Bull Sebastian Vettel unggul 38 angka di klasemen Formula 1 meski finis di peringkat ketiga.

Kimi Raikkonen asal Finlandia, yang dapat menjadi rekan setim Vettel musim depan, menduduki peringkat kedua untuk Lotus – tertinggal 10,9 detik di belakang Hamilton – setelah ia sukses menahan laju pebalap Jerman itu di lap-lap terakhir.

Hungaria menandai titik tengah musim dan setelah 10 dari 19 balap, Vettel menuju libur Agustus dengan 172 angka, sedangkan Raikkonen 134 angka. Pebalap Ferrari Fernando Alonso mengoleksi 133 setelah finis di urutan kelima.

Hamilton, juara dunia Formula 1 2008 yang meraih kemenangan di Hungaroring untuk McLaren pada musim lalu, memimpin dari start posisi terdepan untuk mengunci kemenangan keempatnya di sirkuit ini dan yang ke-22 sepanjang karirnya.

Ini merupakan kemenangan ke-22 dalam karir Hamilton yang juga juara dunia 2008.

“Kerja yang luar biasa Lewis, sangat mengesankan,” ujar tim Hamilton kepadanya melalui radio setelah pebalap berusia 28 tahun itu memastikan kemenangan pertamanya untuk Mercedes dan mengakhiri 10 race tanpa terkalahkan secara berturut-turut. (RH/ANT)