Suzuki Tanam Duit Rp 10 Triliun di Indonesia

Foto: topgear.com

Jakarta, Sayangi.com – Pabrikan mobil Jepang, Suzuki Motor bakal menanam duit senilai 100 miliar yen (sekitar Rp 10 triliun) di Indonesia, untuk lebih mendongkrak nama mereka di Asia.

Berita yang dilansir kantor berita Prancis AFP – mengutip koran lokal Nikkei menyebutkan, 60 miliar yen diantaranya akan digunakan untuk membangun pabrik perakitan baru di Indonesia. Sedangkan sisanya untuk membangun pabrik mesin baru di luar Jakarta, yang sudah diumumkan sejak tahun lalu.

Dengan investasi total sebesar 100 miliar yen ini Suzuki berharap dapat menciptakan sistem jaringan yang komprehensif dalam produksi kendaraan mereka, khususnya kendaraan ringan hemat BBM. Terminal produksi ini direncanakan mulai aktif pada 2014, dan ditargetkan akan mendongkrak kapasitas produksi Suzuki di Indonesia hingga 200.000 unit mobil per tahun.

Selain Suzuki, Kementerian Perindustrian dan sejumlah pabrikan otomotif juga sudah menyatakan minat memperbesar sskala operasi mereka di Indonesia, setelah pemerintah di bawah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meneken aturan penjualan mobil murah yang diklaim lebih ramah lingkungan.

Keberadaan pabrikan otomotif asal Jepang akhir-akhir ini makin menguat di Asia Tenggara, yang kini dianggap sebagai salah satu pasar kunci karena pertumubuhan kelas menengahnya serta sebagai sumber tenaga kerja murah.
Hingga kini, Suzuki sudah memiliki basis operasi produksi yang cukup luas di Asia di luar Jepang, yang memproduksi lebih dari separuh dari pembuatan 2,88 juta unit kendaraannya di wilayah ini sepanjang tahun lalu hingga Maret 2013. (MSR/BBC)