Baru 111 dari 212 Pelarian Lapas Tanjung Gusta Ditangkap Kembali

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Kepolisian bersama dengan instansi terkait dalam hal ini Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjung Gusta, Medan sudah dua berhasil mengamankan kembali 111 narapidana dari 212 narapidana yang kabur pada 11 Juli 2011 lalu tersebut.

Hal itu diutarakan Kepala Bagian Penerangan Umum, Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Agus Rianto menjelaskan perkembangan kasus Lapas Tanjung Gusta.

“Kita masih melakukan pencarian sebanyak 101, termasuk diantaranya 4 napi teroris yang belum berhasil ditangkap. Kita melakukan terus upaya pencarian yang melibatkan berbagai pihak, termasuk masyarakat dan keluarga para tahanan,” ungkap Agus, kepada wartawan Mabes Polri, Senin (29/7).

Sebelumnya, sekitar 212 narapidana melarikan diri sekitar pukul 18.30 WIB. Mereka melarikan diri melalui pintu portir Lapas Tanjung Gusta, setelah membakar gedung perkantoran yang ada di dalam Lapas. Kaburnya narapidana tersebut diawali dengan kerusuhan di dalam Lapas. Penghuni Lapas marah setelah sejak subuh listrik mati dan pasokan air bersih kurang. Hal tersebutlah yang diduga menyulut kerusuhan.

Pengejaran masih terus dilakukan terutama terhadap empat narapidana terorisme yang ikut melarikan diri dalam peristiwa tersebut. (HST)