Hanura Setuju KPU Umumkan Dana Kampanye Caleg

Jakarta, Sayangi.com – Waskjen DPP Partai Hanura Kristiawanto sepakat apabila Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengatur sekaligus mengumumkan dana kampanye calon anggota legislatif (Caleg). Hal tersebut sangat penting dilakukan agar untuk menciptakan rekrutmen kepemimpinan yang sehat melalui hajatan demokrasi nasional lima tahunan tersebut.

“Kami memandang hal tersebut perlu diatur agar pemilu lebih fair, jadi tidak tergantung modal yang akhirnya menjadi transaksional politik,” kata Kristiawanto kepada Sayangi.com, Senin (29/7).

Menurut Kris, harus ada pendidikan politik bagi rakyat, untuk meningkatkan derajat kualitas demokrasi. Dan pemilu, lanjut Kris, merupakan momentum yang tepat dalam konteks tersebut.

“Pembatasan diperlukan agar terjadi kesetaraan dalam kompetisi pemilu legislatif. Aturan tersebut bisa dimulai dari belanja kampanye, pembatasan alat peraga, mobilisasi massa dan lain lain,” katanya.

Dengan demikian, menurut dia, hal itu dapat diyakini dapat menekan biaya politik. Lebih lanjut lagi para caleg ada tanggung-jawab pembukuan pengunaan dana kampanyenya yang harus dilaporkan ke partai dan KPU sebagai penyelenggara Pemilu itu sendiri. (HST)