Ngabuburit di “Jalur Gaza”? Siapa Takut

Foto: Jogjatrip.com

Yogyakarta, Sayangi.com – Tradisi ngabuburit di berbagai kota makin marak sepanjang Ramadhan. Pun banyak pilihan tempat-tempat menarik untuk ngabuburit  menunggu waktu berbuka puasa, salah satunya ngabuburit di Jalur Gaza.

Tak perlu tersentak mendengar kata tempat  yang terkenal penuh konflik di Timur Tengah itu. Rupanya Jalur Gaza yang dimaksud di sini adalah tempat Jajanan Lauk Sayur Gubuk Ashar Zerba Ada, sebuah pasar sore di bilangan Umbul Harjo –  selatan kota Jogjakarta, tepatnya berlokasi disekitar Masjid Muthohhirin di Jalan Sorogenen 25, Kelurahan Sorosutan.

Pasar sore yang merupakan kawasan pedagang pasar Tiban ini merupakan pasar yang digelar hanya sepanjang Ramadhan saja. Namanya Pasar Ramadhan Jalur Gaza, dan ini merupakan tahun ketiga dari penyelenggaraan pertamanya pada tahun 2010 silam.

Setidaknya ada 90 pedagang yang mengikuti ajang Pasar Ramadhan Jalur Gaza. Mereka menggelar dagangannya di stand gubuk bambu disepanjang jalan Sorogenen.

Seperti namanya Jalur Gaza; Jajanan Lauk Sayur Gubug Ashar Zerba Ada menjual berbagai menu khas Ramadhan. Seperti Kicak (ketan kelapa), es kepala muda, gorengan, sop buah, dan berbagai menu hidangan takjil lainnya. Harganya pun juga sangat terjangkau, hanya berkisar 3000 Rupiah hingga 5000 Rupiah perjenis makanan atau minuman.

Pasar Ramadhan Jalur Gaza ini tidak hanya menggelar jajanan pasar untuk berbuka puasa, namun menggelar kegiatan lain seperti Live Musik, buka puasa bersama, santunan anak yatim, pengajian akbar, i’tikaf bahkan perpanjangan SIM dan STNK. Tahun 2013 ini, Ramadhan Jalur Gaza diselenggarakan sejak 9 Juli 2013 hingga 7 Agustus 2013 mendatang. (HST)