Sembilan ABK Indonesia Ditangkap di Taiwan, Diduga Bunuh Kapten Kapal

Foto: nokookie.net

Jakarta, Sayangi.com – Petugas penjaga perairan Taiwan menangkap sebuah kapal ikan di lepas pantai dan menangkap sembilan anak buah kapal asal Indonesia karena diduga membunuh kapten dan teknisi kapal ikan Te Hung Hsing, yang berkebangsaan Taiwan.

Pernyataan itu disampaikan oleh aparat Taiwan kepada media, seperti dilaporkan kantor berita AFP. Penyergapan dilakukan oleh 10 petugas bersenjata lengkap ketika kapal ikan itu sedang melintas di posisi 8.300 km dari ujung pulau terluar.

Sementara itu, sejumlah media Taiwan melaporkan bahwa operasi berlangsung setelah pemilik kapal melaporkan kepada aparat pada 18 Juli lalu bahwa selama tiga hari Kapten kapal tidak membalas panggilan telepon satelitnya. Kapal patroli petugas penjaga perairan di Pasifik kemudian mendeteksi kapal ikan Te Hung Hsing.
Petugas mengatakan mereka tidak bisa menemukan kapten Chen Te-sheng, 55, dan kepala teknisi Ho Chang-lin, 67, dan kesembilan ABK Indonesia yang berada di kapal bungkam saat ditanya mengenai keberadaan keduanya.

“Kami menduga mereka telah dibunuh dan mayatnya dibuang ke laut,” kata salah seorang petugas itu.
Para ABK kini dalam perjalanan kembali ke Taiwan untuk investigasi dan diperkirakan baru akan tiba di sana pada 20 Agustus nanti. Sayang, perwakilan Indonesia yang berada di Taipei belum bisa dimintai keterangan lebih lanjut mengenai berita ini. (MSR/BBC)