Maftuh Basyuni Terpilih Menjadi Ketua Komite Konvensi Partai Demokrat

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Mantan Menteri Agama, Maftuh Basyuni, terpilih sebagai ketua komite konvensi yang akan menetapkan calon presiden dari Partai Demokrat untuk mengikuti Pemilihan Umum 2014. Terpilihnya Maftuh Basyuni berdasarkan pertimbangan indepedensi, kenetralannya, transfaran dan fair.

“Kita pilih pak Maftuh karena mantan Menteri Agama itu orang di luar partai yang diharapkan bisa independen, netral, transparan dan fair,” kata Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/7).

Hingga saat ini, menurutnya, total ada 17 hingga 18 nama tokoh yang akan tergabung dalam Komite Konvensi.

“Komposisinya dari kader dan orang luar. Lebih independen daripada asal internal Partai Demokrat,” katanya.

Sejumlah nama peserta konevensi yang disebut Syarif di antaranya adalah Hinca Panjaitan, Andi Timo Pangerang, Effendi Ghozali, dan Indrawati Sukadis.

Sementara itu, terkait dengan peserta konvensi, Syarif menjelaskan bahwa Partai Demokrat masih dalam proses menjaring nama-nama yang dianggap potensial di masa depan, khususnya untuk menjadi calon presiden.

“Belum resmi diundang, baru dijaring. Paling banyak 12 orang” kata Syarif.

Menurut Syarif, konvensi ini tidak mengenal elliminasi. Seluruh peserta akan terus maju sampai akhir dan kemudian ditentukan berdasarkan elektabilitas.

“Mei 2014 nanti sudah ada hasilnya dan diumumkan,” ujarnya. (VAL/ANT)