Menpora : Presiden Sudah Tandatangani Keppres Baru ISG

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Keputusan Presiden (Keppres) baru untuk pelaksanaan Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 di Palembang akhirnya ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, kata Menpora Roy Suryo di Jakarta, Senin.

“Alhamdulillah, Keppres baru ISG No 23/2013 (Perubahan Keppres 15/2012), sudah ditandatangani Presiden. ISG III positif di Palembang 22 September hingga 1 Oktober,” kata Roy Suryo.

Dengan sudah ditandatanganinya Keppres Baru ISG 2013, kata dia, dasar hukum pemindahan lokasi pelaksanaan pesta olahraga negara-negara Islam dari Pekanbaru Riau ke Palembang Sumatra Selatan akan lebih kuat.

“Keppres baru ini per tanggal 29 Juli,” kata Menpora yang juga ahli telematika itu.

Menurut dia, meski Keppres ISG baru keluar untuk persiapan di Palembang sebenarnya sudah berjalan sejak adanya penunjukkan saat rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat.

“Semuanya sudah ‘on the track’. Besok, Selasa (30/7) Technical Delegates dari ISSF ke Palembang untuk meninjau langsung persiapan disana,” kata lulusan Fisipol UGM itu.

Sebelum ada Keppres baru, kata dia, dua perwakilan dari Kemenpora yaitu Djoko Pekik dan Faisal Abdullah mengikuti pertemuan dengan ISSF di Jeddah Arab Saudi. Dalam pertemuan itu dibahas masalah teknis pelaksanaan ISG.

Sesuai dengan rencana ISG 2013 akan mempertandingkan 13 cabang olahraga diantaranya adalah sepak bola, wushu, bola voli, taekwondo, bulutangkis, aquatik, basket, panahan dan tenis.

Pesta olahraga negara-negara Islam ini akan dipusatkan di Kompleks Jaka Baring Sport City Palembang. Namun ada tiga cabang yang digelar luar komplek Jaka Baring yaitu bola voli, wushu dan basket.

Khusus untuk dana, Kemenpora telah menganggarakan sebesar Rp131 miliar. Dana ini berkurang karena terjadi penghematan anggaran disetiap departemen. Kemungkinan besar dana akan mendapatkan dari pemerintah Sumatra Selatan. (RH/ANT)

Berita Terkait

BAGIKAN