Pemprov DKI Bolehkan PNS Mudik Pakai Mobil Dinas

Foto : Antara

Jakarta, Sayangi.com – Setelah Pemprov Sumatera Barat (Sumbar) dan Pemkot Bogor membolehkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungannya mudik menggunakan mobil dinas, kini Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo naga-naganya bakal menerapkan kebijakan serupa.

Isyarat itu disampaikan langsung oleh Joko Widodo dan diiyakan oleh wakilnya, Basuki Tjahya Purnama alias Ahok.

Kepada wartawan Ahok mengatakan jika PNS DKI Jakarta boleh menggunakan mobil dinas untuk mudik. “Buat Lebaran boleh, karena hal itu dapat mengurangi pembelian mobil pribadi” kilah Ahok tentang alasan dibolehkannya PNS mudik menggunakan mobil dinas.

Sementara itu, Jokowi sapaan akrab Gubernur, mengungkapkanya hampir seragam dengan Ahok. Secara pribadi ia berpendapat diperbolehkannya mudik memakai mobil dinas untuk mengurangi pemakaian mobil pribadi. “Itu menurut saya, prinsip saya ya. Karena kan kita justru ingin mengurangi mobil pribadi,” tegasnya saat dijumpai di Balaikota, Senin (29/7).

Namun menurut mantan walikota Surakarta yang digadang-gadang warga menjadi Capres 2014 itu, hal itu dilakukan dengan syarat yang cukup ketat. “Ya mungkin boleh, tapi dengan aturan,” sambungnya.

Syarat apa saja yang akan diberlakukan terhadap PNS yang mudik mengendarai mobil dinas, Jokowi belum bisa menyebutkan dengan alasan hingga kini Pemprov DKI belum mengeluarkan keputusan resmi dan masih dalam tahap pembahasan.

“Dalam dua hari ke depan akan kita bahas dan putuskan,” pungkas suami dari Irene itu. (MARD/Denisudastika)