Jelang Pilkada, KPU Bogor dan Kepolisian Intensifkan Keamanan

Foto: Antara

Bogor, Sayangi.com – Komisi Pemilihan Umum Kota Bogor mengintensifkan koordinasi pengamanan pemilihan kepala daerah dengan kepolisian setempat dalam upaya mewujudkankan pilkada yang aman dan tertib.

“Hampir setiap saat kita (KPU, red.) berkoordinasi dengan kepolisian terkait pengamanan, kita berharap Pilkada Kota Bogor nanti dapat berjalan lancar dan aman,” kata Ketua KPU Kota Bogor Agus Teguh Suryaman di Bogor, Selasa (30/7).

Ia mengatakan pada Selasa (23/7) lalu, KPU dengan Polres Bogor Kota telah menandatangani nota kesepahaman terkait dengan pengamanan pilkada, dengan diikuti juga oleh kejaksaan negeri setempat. Terhitung sejak saat itu, Polres Bogor Kota telah bertugas melaksanakan pengamanan dalam setiap penyelenggaraan kegiatan yang berkaitan dengan tahapan pilkada.

“Saat ini, kami (KPU, red.) tengah mendiskusikan format pengamanan pelaksanaan kampanye yang akan dilaksanakan pada 28 Agustus hingga 10 September mendatang,” kata Agus.

Selain itu, katanya, Polres Bogor Kota juga telah melakukan pengamanan dengan mengerahkan personelnya dalam mengawal kelima pasangan calon wali kota dengan wakil wali kota yang telah resmi ikut dalam Pilkada Kota Bogor. Polres Bogor Kota menyediakan delapan personel untuk satu pasangan calon yang terdiri atas pengawal pribadi, petugas patroli, intel, dan reserse kriminal.

“Masing-masing pasangan calon mendapatkan pengawalan dari delapan polisi, satu calon empat orang pengawal. Jadi totalnya ada 40 orang personel polisi yang mengawal pasangan calon,” kata Agus.

Ia menjelaskan pasangan calon yang terpilih merupakan “person vital” yang berhak mendapat pengawalan hingga terlaksananya Pilkada Kota Bogor.

Sebelumnya, KPU Kota Bogor menetapkan lima pasangan calon Walikota dan Wakil walikota Bogor yang terdiri dari tiga pasang diusung oleh partai politik dan dua pasang dari jalur independen untuk mengikuti pilkada yang akan dilaksanakan pada 14 September 2013. KPU juga telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Bogor yang berjumlah 682.995 orang dengan 1.814 Tempat Pemungutan Suara. (HST/ANT)