Polisi Terjunkan 8.645 Personel Gabungan Untuk Amankan Lebaran

Foto: Sayangi.com/Yan Zavin

Jakarta, Sayangi.com – Polisi melakukan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat “Ketupat 2013” dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1434 H di Silang Monas, Jakarta Pusat, Selasa (30/7). Upacara pelepasan pasukan Operasi Ketupat ini dipimpin oleh Wakil Kepala Polri (Wakapolri) Komisaris Jenderal Polisi Nanan Sukarna.

Dalam acara gelar operasi tersebut turut hadir para pejabat Mabes Polri, Polda Metro Jaya, Pejabat Pemda DKI, dan Kementerian terkait, yaitu Kementerian Perhubungan, Dinas Kesehatan DKI, dan Jasa Raharja.

Dalam sambutannya Wakapolri menjelaskan total pasukan berjumlah 8.645 personel yang diturunkan dalam Operasi Ketupat 2013, dimana hal itu merupakan gabungan dari Polri, TNI dan Pemda.

“Petugas Polda sebanyak 3.276 personel, satuan petugas Polres 4.724 personel. Lalu personel TNI sebanyak 90 personel, Pemda 455 personel dan Jasa Marga sebanyak 645 personel,” kata Wakil Kepala Polri (Wakapolri), Komisaris Jenderal Polisi Nanan Sukarna, dalam sambutannya mewakili Kapolri.

Nanan menambahkan sasaran operasi Ketupat tempat yang diamankan yakni terminal bus, stasiun kereta api, bandara, pelabuhan, tempat rekreasi dan pusat perbelanjaan. Kemudian, sasaran kegiatan lainnya yang diamankan antara lain, takbir keliling, salat Idul Fitri, pembagian zakat, belanja keperluan lebaran, mudik atau balik, rekreasi dan wisata.

Dalam kesempatan tersebut, Wakapolri juga mengimbau agar masyarakat menjaga ketertiban selama Ramadhan ataupun saat Lebaran. Pemudik juga diharapkan untuk menaati aturan berlalu-lintas untuk menjaga suasana yang kondusif saat perjalanan mudik. (HST)