Bendera Aceh Berkibar, TNI: Turunkan!

Foto: SMH.com.au

Banda Aceh, Sayangi.com – Rencana pengibaran bendera Bulan Bintang pada tanggal 15 Agustus 2013 di Aceh ditentang keras oleh Pangdam Iskandar Muda. Pangdam, Mayor Jenderal TNI Zahari Siregar secara tegas mengatakan di Aceh tidak perlu adanya pengibaran bendera yang mirip dengan bendera separatis GAM tersebut.

“Tidak perlu dikibarkan sejak mulai 15 Agustus sampai setelah itu, apa lagi 17 Agustus,” kata Pangdam Iskandar Muda, Mayor Jenderal TNI Zahari Siregar, Senin (29/7) malam di Pendopo Gubernur Aceh di Banda Aceh.

Katanya, Aceh merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), maka hanya ada satu bendera yang boleh berkibar di Aceh menjelang peringatan kemerdekaan RI yaitu bendera Merah Putih.

Bahkan katanya, sejak tanggal 1 Agustus 2013, pihaknya akan memperbanyak pemasangan bendera Merah-Putih di seluruh Aceh. “Jadi saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Aceh agar menaikkan bendera Merah Putih saja, tidak boleh ada berkibar bendera selain Merah Putih,” tukasnya.

Saat Sayangi.com mempertegas tindakan apa yang akan diambil bila ada bendera Bulan Bintang berkibar. Mayor Jenderal TNI Zahari Siregar mengatakan akan memerintahkan pasukan untuk menurunkan bendera tersebut. “Kalau ada yang berkibar, akan kita turunkan,” tukasnya.

Kata Zahari Siregar pada Sayangi.com, persoalan ini sudah disampaikan pada Gubernur Aceh agar hanya bendera Merah Putih yang berkibar di Aceh menjelang peringatan kemerdekaan RI. Kata Zahari, Gubernur Aceh telah menyanggupi persoalan itu dan bahkan Gubernur menampik telah memerintahkan untuk mengibarkan bendera tersebut.

“Kata Gubernur waktu itu di depan Polda Aceh juga, tidak ada perintah dari Pemerintah Aceh menaikkan bendera Bulan Bintang, kalau pun ada yang menaikkan itu oknum tertentu yang mengatasnamakan Pemerintah Aceh,” tuturnya.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada seluruh rakyat Aceh agar tidak menaikkan bendera Bulan Bintang. Akan tetapi, rakyat Aceh menjelang peringatan hari kemerdekaan Indonesia dibolehkan hanya mengibarkan bendera Merah Putih.

Lanjutnya, hargailah perngorbanan pahlawan kita dulu yang telah merelakan nyawa untuk mempertahankan tanah air ini. Kata Zahari, kemerdekaan Indonesia bukan hadiah dari negara lain, akan tetapi ini hasil perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah di masa itu. (HST)