Amankan Mudik, Polisi Dibekali Senjata Laras Panjang dan Pendek

Foto: Setkab.go.id

Karanganyar, Sayangi.com – Kapolres Karanganyar AKBP Nazirwan Adji Wibowo menyatakan, untuk mengamankan arus mudik dan balik Lebaran, instansinya akan menurunkan anggota dengan senjata lengkap, baik laras panjang maupun laras pendek.

“Dalam pengamanan Lebaran ini saya tidak mau anggota saya jadi korban para pencoleng. Untuk itu dalam pengamanan anggota juga dibekali senjata baik laras panjang maupun pendek,” kata Kapolres Karanganyar kepada wartawan di Karanganyar, Selasa (30/7).

Ia menambahkan, setiap paroli, baik untuk kompleks perumahan maupun jalan-jalan raya, petugas akan di lengkapi dengan senjata lengkap. “Pokoknya dalam pengamanan ini saya tidak mau kecolongan, maka semua kita persiapkan,” katanya. Dalam pengamanan Lebaran ini tidak ada anggota yang cuti dan akan diturunkan sebanyak 800 personil, terdiri atas Polisi 500 orang dan sisanya bantuan dari Linmas, TNI, Pramuka, dan petugas dari Dinas Perhubungan setempat.

Sepekan menjelang perayaan hari raya Idul Fitri, angka kejahatan dan kriminalitas diprediksi akan mengalami peningkatan. Salah satu kejahatan yang diperkirakan paling menonjol adalah kejahatan penjambretan dan perampokan, terutama bagi nasabah bank. Untuk itu, jajaran Kepolisian akan memperkuat penjagaan di berbagai tempat transaksi seperti bank, mal, serta pusat-pusat perbelanjaan.

Ia mengatakan, untuk mengantisipasi kejahatan tersebut, pihaknya menempatkan tim satuan tugas di berbagai tempat yang dianggap ramai atau masif. Meski demikian, Kapolres juga mengimbau agar warga berperan aktif. Segera laporkan jika mengetahui ada hal-hal yang mencurigakan. (MSR/ANT)