Kemenhub Sediakan Fasilitas Mudik Barang

Foto: Sayangi.com/Yan Zavin

Jakarta, Sayangi.com – Kementerian Perhubungan RI mengadakan mudik gratis, baik jalur darat, laut, dan udara. Hal itu disampaikan oleh Menteri Perhubungan RI, E.E. Mangindaan, di acara Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat 2013 di Silang Monas Jakarta Pusat, Selasa (30/7).

“Pengadaan program mudik gratis dari Menteri Perhubungan ini tidak hanya khusus untuk orang saja, akan tetapi juga barang-barang bawaan pemudik seperti sepeda motor dan benda-benda berharga lainnya. Ini salah satu cara untuk mengalihkan pemudik yang menggunakan kendaraan sepeda motor, karena kita tahu kecelakaan banyak pengendara motor,” kata Menteri Perhubungan RI, E.E. Mangindaan, kepada wartawan usai acara Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat, Selasa (30/7).

Kata Mangindaan program mudik gratis itu dilakukan untuk mengurangi dan antisipasi kurangnya transportasi untuk mengangkut pemudik nanti. Menteri Perhubungan dalam hal ini sudah menyiapkan kapal pengangkut, di antaranya kapal TNI Angkatan Laut, Kapal Koro dari pemerintah, dan kapal lainnya. Begitu juga pemerintah telah menyiapkan kereta, dan bus.

“Yang daftar sudah sampai ada 8000 sepeda motor. Untuk kapal pengangkut sudah kami siapkan, yaitu kapal TNI AL, Kapal Roro dari pemerintah, juga kereta api, dan bus. Ini semua untuk barang, motor dan apa saja yang termasuk barang-barang berharga,” tuturnya.

Menteri Perhubungan RI, lanjut Mangindaan, mengatakan bahwa pihaknya dan juga Polri telah bekerjasama dengan beberapa perusahaan untuk diajak mengadakan mudik gratis, khususnya dengan tujuan daerah-daerah yang padat pemudiknya, di antaranya Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Lampung.

“Kami fokus ke daerah yang padat pemudik dulu, kalau misalnya nanti ada kuota lebih bisa kita atur kembali,” pungkasnya. (HST)