Jalur Lingkar Gentong Dibuka H-7 Lebaran

Foto: Antara

Bandung, Sayangi.com – Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat menyatakan, jalur Lingkar Gentong di Tasikmalaya, Jabar, akan dibuka mulai H-7 Lebaran. Pembukaan jalur yang memiliki panjang sekitar 1,2 km itu dilakukan untuk menunjang kelancaran arus mudik dan balik.

“Untuk Lingkar Gentong sendiri memang harus dibuka. Sesuai rencana, akan kami buka pada H-7,” kata Kepala Dinas Bina Marga Jawa Barat M Guntoro, di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Selasa (30/7). Menurut dia, proyek pengerjaan jalur Lingkar Gentong saat ini sudah hampir selesai sehingga sudah layak digunakan saat arus mudik dan balik.

“Paling masih ada penambahan-penambahan penerangan jalan umum (PJU) dan penghalang,” katanya. Ia mengatakan untuk jumlah PJU di jalur Lingkar Gentong sebelumnya ada delapan unit namun sekarang sedang ditambah 20 unit. “Jadi pada prinsipnya Lingkar Gentong sudah bisa dipakai mulai hari ini juga. Tapi kita akan buka sesuai rencana,” ujar Guntoro.

Pihaknya juga sudah memasang beronjong di lokasi yakni dipasang pada tebing-tebing untuk mencegah longsor. Secara umum, proses pengerjaan sejumlah ruas jalan milik provinsi dihentikan mulai hari ini. “Tingkat kemantapannya hampir 100 persen,” katanya. Uji coba Jalan Lingkar Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, seharusnya dilakukan Senin (29/7), namun batal karena masih menunggu perintah yang berwenang dari Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat.

“Yang punya kendali untuk dilakukan uji coba jalur Lingkar Gentong adalah Dishub Provinsi,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tasikmalaya Yusep Yustisiawandana. Yusep menuturkan, uji coba jalur untuk mengatasi kemacetan itu masih dalam pembahasan di tingkat Dishub Provinsi Jabar, sementara Dishub Tasikmalaya hanya menunggu perintah. “Kami hanya menunggu kabar dari provinsi, yang sekarang masih membahas rencana uji coba jalur itu,” katanya. (MSR/ANT)