Diduga Terlibat Kartel Bawang Putih, Sutan Bela Gita Wirjawan

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Politisi Partai Demokrat Sutan Bathoegana menegaskan tokoh yang diduga terlibat kasus korupsi akan secara otomatis gugur sebagai peserta konvensi penjaringan calon presiden di Partai Demokrat.

Gak bisa. Otomatis gugur. Yang diundang itu orang-orang bersih, yang gak bermasalah,” kata Sutan, Selasa (30/7).

Namun, saat ditanya bagaimana dengan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan yang oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) diduga terlibat kasus kartel bawang putih yang dilakukan 19 importir, Sutan menganggap bahwa hal itu baru sebatas dugaan.

Dugaan keterlibatan Gita dalam kasus kartel bawang putih, menurut Sutan, tidak berpengaruh atas pencalonan Gita dalam konvensi yang akan digelar pada September 2013 mendatang.

“Katakanlah kayak Gita. Banyak sekali dia bilang begitu. Sekarang anggaplah dia orang bebas. Kalau dugaan, itu tidak masuk sama kita. Ini kan masih dalam proses. Tapi suatu saat tidak ikut dan benar-benar bermasalah, ya keluar lah,” katanya.

Menurut Sutan, penjaringan calon presiden melalui konvensi semi-terbuka itu sebaiknya diikuti oleh tokoh-tokoh yang bersih, jujur, dan memiliki komitmen untuk membangun Indonesia ke arah yang lebih baik. Calon yang terpilih dalam Konvensi, kata Sutan, juga harus berkomitmen untuk menaikkan elektabilitas partai besutan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tersebut.

“Ini kan ada komitmen untuk menaikkan elektabilitas Demokrat. Sama-samalah,” pungkas Ketua Komisi VII DPR RI itu. (HST)