Singgah Ke Pati, Cicipi Gurih dan Manisnya Sego Gandul

Foto: lightpainterphoto.com

Pati, Sayangi.com – Selain adat dan budaya, citarasa nusantara Indonesia begitu beragam. Jika Jakarta terkenal dengan kuliner kerak telor atau gabus pucung-nya, lain halnya di Pati. Kawasan pesisir utara Jawa Tengah yang konon terkenal sebagai “Kota Seribu Paranormal” ini memiliki kuliner dengan citarasa yang khas. Bagi anda yang kebetulan mudik melintas di kota ini melalui jalur pantura, tak ada salahnya mencicipi menu khas yang satu ini.

Adalah Sego Gandul, menu nasi yang dihidangkan dengan masakan daging berkuah yang khas. Daging yang digunakan dalam menu Nasi Gandul biasanya adalah daging sapi. Anda bisa memilih lauk lain seperti empal, kulit, paru, hati, lidah, dan telur rebus, yang kesemuanya sudah dibumbui oleh bumbu khas Pati.

Cara menghidangkannya pun unik. Terlebih dahulu anda dipersilahkan memilih daging dan lauk tambahan lainnya. Lalu daging dan lauk tambahan tersebut di potong-potong dengan gunting dan diletakkan di atas nasi putih hangat. Tak lupa sedikit kecap manis, sambal dan taburan bawang goreng. Kuah santan kental berwarna coklat kemerahan yang terbuat dari kaldu sapi dan rempah-rempah Jawa pun siap melengkapi kelezatan Nasi Gandul ini.

Citarasa manis, gurih dan sedikit pedas serta kuah dagingnya begitu menggugah selera. Citarasanya makin sedap karena piring yang digunakan diberi alas selembar daun pisang. Nasi Gandul ini sangat nikmat jika dihidangkan panas-panas dengan nasi putih hangat, ditambah krupuk ataupun tempe goreng. Minumannya bisa anda coba Wedang Coro, Kopi Jolong atau sekedar teh hangat saja.

Jika anda ingin sensasi makan yang tradisional, makanlah dengan sendok ‘suru’, sendok yang terbuat dari daun pisang yang disobek, lalu dilipat dan ditekuk sedemikian rupa hingga bisa untuk menyendok Nasi Gandul ini.

Konon, Nasi gandul ini berasal dari Desa Gajah Mati yang terletak di dekat terminal bus di sisi timur Kota Pati. Namun begitu, hidangan Sego Gandul ini bisa anda nikmati di warung-warung sepanjang jalan utama Kota Pati. Harganya pun sangat terjangkau. Selain Nasi Gandul, anda bisa mencicipi menu khas Pati lainnya seperti Soto Kemiri, Bandeng Presto Juwana, Petis Kambing Runting, Kotokan Gereh Tongkol, ataupun Sego Tewel. (FIT)