ANTAM Gandeng SMS Siemag Jerman Bangun Pabrik Feronikel Pomalaa

Jakarta, Sayangi.com – PT Aneka Tambang Tbk (Antam) Persero menandatangani kontrak Engineering, Procurement and Construction (EPC) penyediaan Electrode Equipment untuk Electric Smelting Furnace no.4 (ESF-4) dengan SMS Siemag Jerman. Penandatanganan ini merupakan bagian dari proyek perluasan pabrik feronikel Pomalaa.

Kontrak penyediaan elektroda ESF-4 ini bernilai UER 5,45 juta atau sekitar Rp 75 miliar dengan estimasi konstruksi selama 18 bulan.

“Penyediaan electrode equipment oleh SMS Siemag merefleksikan penggunaan teknologi modern yang lebih aman dan praktis dalam pengoperasian,” kata Direktur Utama PT Antam Tato Miraza di Kantor Antam, Jakarta, Selasa (30/7/2013).

Menurut Tato, fasilitas ESF-4 memiliki kapasitas terpasang sebesar 38 MegaWatt (MW) dengan kapasitas produksi feronikel sebesar 9.450 TNi per tahun. Konstruksi ESF-4 diperkirakan memakan waktu selama maksimal 22 bulan.

Dengan pembangunan ESF-4 dan Ore Preparation Line-4 yang keduanya merupakan bagian dari proyek perluasan pabrik feronikel pomalaa. Antam berharap tingkat produksi feronikel dapat meningkat menjadi 25 ribu hingga 27 ribu TNi per tahun dari sebelumnya 18 ribu sampai 20 ribu TNi per tahun dengan asumsi kadar umpan bijih nikel sebesar 1,9 persen.

“Jadi bila mengacu harga metal dunia dari London Metal Exchange (LME) dari harga Feronikal sebesar USD 7,4  per pound sampai Juni 2016, sedangkan harga rata-rata saat ini sekitar USD 7 per pound,” tandasnya. (HST)