Dondurna Ice, Tak Sekedar Ice Cream

Foto: seriouseats.com

Istanbul, Sayangi.com – Mau coba cita rasa baru dari es krim yang tidak hanya dapat dinikmati rasanya, namun juga penuh dengan atraksi? Coba saja es krim Turki yang disana lebih dikenal dengan Dondurna ini. Selain cita rasanya yang enak, pembeli juga akan disuguhi atraksi yang mengagumkan dari para penjualnya. Aktraksi ini merupakan salah satu pemandangan yang banyak terlihat di kios pasar dan juga bazar di Turki. Meski rasanya tidak terlampau manis seperti ice cream pada umumnya, namun ice cream ini paling dicari di Turki karena keunikan penyajiannya dan bahan dasarnya yang sehat.

Es krim Dondurma ini terbuat dari campuran yang unik antara susu kambing dan juga mastic resin yang berasal dari pohon cemara. Setelah tercampur merata, lalu ditambahkan salep. Salep merupakan akar dari sejenis anggrek liar Turki yang dihaluskan dan memiliki kekuatan afrodisiak. Salep ini sendiri menurut bahsa Arab berarti testikel serigala. Tidak heran, es krim ini juga dianggap merupakan es krim yang dapat meningkatkan kejantanan. Campuran susu hangat dengan salep di Turki menjadi minuman yang dipercaya dapat meningkatkan kejantanan. Itulah mengapa es krim ini sangat populer di Turki.

Para pedagang es krim ini tidak hanya menjual es krim dengan paduan citarasa susu kambing, mastic resin dan juga salep saja, akan tetapi mereka kerap melakukan berbagai atraksi seperti mengaduk es krim di dalam wadah besar berbentuk tong besar dengan menggunakan pengaduk yang panjang dan berat. Sementara dalam tehnik penyajiannya, mereka melakukan atraksi penyajian es krim dengan gerakan yang sangat cepat kemudan es krim ditusuk dan diangkat keatas.

Seluruh es krim yang ditempatkan di dalam tong akan diangkat dinaikan dan diturunkan. Hal unik yang sangat disukai para pengunjung disini adalah, ketika sang penjual menaikan dan menurunkan es krim dari dalam tong tersebut, es nya tidak meleleh dan jatuh berceceran. Es krim ini memiliki tekstur yang lengket dan elastis.

Biasanya para pengunjung yang hendak membeli es krim ini tidak langsung dapat mencicipinya, mereka akan dikerjai terlebih dahulu oleh si penjual. Es krim yang sudah ditaruh di dalam cone masih menempel pada tongkat pengaduknya yang panjang dan terbuat dari besi dan pembeli pun harus berusaha untuk dapat mengambilnya terlebih dahulu. Tak jarang pengunjung mengira telah berhasil memegang cone tersebut sementara ternyata es krimnya masih menempel di tongkat pengaduk. Pecahlah tawa penonton melihat ulah jahil si penjual es krim, apalagi si penjual juga melakukan gerakan-gerakan lucu di setiap atraksinya.

Selain itu ada lagi atraksi pamungkas yang membuat siappaun penasaran dan mengulang datang kembali. Si penjual akan menggantung bongkahan es krim yang sudah dikeluarkan dari dalam tong besar menyerupai daging kebab untuk kemudian dipotong – potong menggunakan pisau dan disajikan dalam cone. Ice cream ini tersedia dalam beragam rasa seperti, coklat, vanilla, strawbery juga green tea. (FIT/Berbagai Sumber)