Asyiknya Ngabuburit dan Berbuka Puasa di BKT

Foto: Sayangi.com/Emil Ondo

Jakarta, Sayangi.com – Susah mencari tempat alternatif untuk berbuka puasa? atau bosan dengan suasana berbuka yang itu-itu saja? Tidak ada salahnya mencoba satu tempat alternatif untuk berbuka puasa yang tak kalah enak, romantis sekaligus murah meriah disaat berbuka puasa. Sebelum adzan maghrib berkumandang, sederet pengendara motor dan pengendara mobil mulai terlihat di kawasan lokasi Banjir Kanal Timur atau lebih familiar disebut BKT. Meski terkenal dengan jalur hijaunya, namun selama bulan Ramadan ini tampak berderet tempat makan yang beragam disana.

Banjir Kanal Timur adalah sebuah wilayah yang dikenal sebagai jalur hijau, dimana para pedagang tidak boleh ada yang berdagang atau membuka warung makan ditempat tersebut. Entah sudah berapa kali terlihat satpol PP yang bertugas berjaga-jaga untuk mengawasi para pedagang nakal yang mulai membuka warung atau sekedar mangkal beberapa jam saja. Namun lain halnya yang terjadi di bulan Ramadan ini. Hampir sepanjang jalur Banjir Kanal Timur dipenuhi oleh deretan pedagang kaki lima, baik yang hanya mangkal atau memang sengaja menggelar karpet dan menaruh deretan meja makan sederhana untuk para pelanggannya. Jangan kuatir digusur tiba-tiba saat sedang makan, karena Satpol PP pun tak mampu berbuat banyak ketika belasan bahkan puluhan pedagang berderet menjajakan dagangannya.

Seperti layaknya food court, disana anda bisa mendapatkan aneka penganan. Mulai dari siomay, nasi kucing, sate padang, ketoprak, mie ayam, bakso sampai kerak telor. Tak ingin makanan berat? Tenang, beragam penganan khas berbuka seperti kolak, lontong dan gorengan serta minuman kemasan juga tersedia disana.

Selintas lokasi tersebut tampak seperti pasar malam kala menjelang maghrib. Ditemani terang bulan, duduk di meja kecil lesehan sederhana beralaskan karpet bersama teman, kerabat bahkan pacar rasanya waktu berbuka pun terasa spesial. Apalagi, masih ditambah dengan pemandangan bendungan dengan gemericik air dan rerumputan hijau yang memanjakan mata, menambah sensasi berbuka puasa yang tak kalah nikmatnya dengan restoran dan cafe di pusat-pusat perbelanjaan. Jika melewati jalur tersebut saat waktu berbuka tiba, tak ada salahnya anda mencoba singgah. (FIT)