Mudik ke Sumatera Barat, Mampir ke Great Wall Yuk!!!

Foto: Asrilwardhani.com

Bukit Tinggi, Sayangi.com – Unik! Rupanya bukan hanya China yang memiliki destinasi wisata “The Great wall” atau Tembok Besar. Di Indonesia, tepatnya di Sumatera Barat terdapat situs seperti The Great Wall Of China, Janjang Koto Gadang namanya. Berlokasi di kota Bukit Tinggi, objek wisata yang baru diresmikan 26 Januari 2013 silam ini makin membuat penasaran telinga para wisatawan dari berbagai daerah maupun mancanegara. Bagi anda yang akan mudik kesekitar wilayah di Sumatera Barat, maka inilah waktunya menghabiskan rasa penasaran anda.

Janjang Koto Gadang sejauh 1 KM ini menghubungkan dua wilayah; antara Bukit Tinggi dan Kabupaten Agam. Seperti yang kita ketahui, dulunya Bukit Tinggi merupakan ibukota dari Kabupaten Agam, namun kemudian Bukit Tinggi memisahkan diri menjadi Kota Administratif.

Ada dua pintu masuk untuk mengakses objek wisata ini, namun pintu masuk yang sering digunakan adalah pintu masuk yang terletak dekat dengan wisata Lobang Jepang. Meski tak sepanjang The Great Wall China, namun sensasi menjelajahi Janjang Koto Gadang ini cukup serasa di Tembok Besar Cina. Lansekap alam seperti persawahan, sungai dan tebing-tebing raksasa di Ngarai Sianok merupakan tawaran yang menakjubkan.

Untuk menjelajahi Great Wall ala Sumatera Barat ini, pengunjung harus rela mengeluarkan tenaga untuk berjalan kaki bahkan trekking, karena struktur Janjang ini hadir dalam rute mendaki dan juga menurun. Seperti layaknya di Great Wall China, Janjang Koto Gadang ini juga memiliki pos-pos peristirahatan atau view poin yang menyuguhkan pemandagan kota Bukit Tinggi dan sekitar Kabupaten Agam. Setidaknya siapkan air mineral sebotol untuk menemani perjalanan Anda. (FIT/berbagai sumber)

Berita Terkait

BAGIKAN