Ini Dia Kue Kering Khusus Penderita Diabetes

Foto: inmamamaggieskitchen.com

Jakarta, Sayangi.com – Lebaran identik dengan sajian kue-kue kering, baik dengan rasa gurih hingga yang manis-manis. Bagi sebagian penderita Diabetes, konsumsi zat gula berlebihan adalah hal yang harus dihindari. Namun bukan berarti saat lebaran nanti hanya bisa gigit jari melihat orang lain berpesta kue kering yang hampir selalu ada di setiap meja rumah dimana kita berkunjung bukan?

Bagi anda penderita Diabetes khususnya bisa mensiasati situasi tersebut dengan membuat kue-kue kering sendiri di rumah. Caranya dengan mengurangi penggunaan zat gula dari takaran komposisi yang biasa di tulis dalam buku resep kue kering. Jika anda tetap menginginkan kue dengan rasa manis, maka anda bisa mengganti gula biasa pada umumnya dengan gula khusus untuk penderita diabetes, sejenis gula diet.

Untuk menambah citarasa kue yang enak dan lezat, anda bisa menambahkan wijen atau selai nanas murni dalam adonan kue kering anda. Menambahkan coklat dalam kue kering anda juga ide bagus. Yang lebih bagus lagi adalah yang kandungan cokelat hitamnya hingga 60 persen. Meskipun terasa pahit, kandungan flavonoid dalam cokelat hitam bisa melebarkan pembuluh darah. Sebab, problem pada pengidap diabetes salah satunya adalah terjadinya penyempitan pembuluh darah.

Selain itu, menambahkan pemanis alami seperti buah-buahan dalam kue bisa menjadi pilihan jitu untuk mengganti rasa manis dari gula. Tak lupa, mengganti tepung terigu dengan tepung gandum bisa membantu juga menurunkan kadar gula dalam kue kering anda.

Di beberapa kota besar, dapat anda jumpai pula penjual kue-kue kering khusus untuk para penderita Diabetes. Soal harga, wajar jika mereka akan membandrol harganya lebih mahal dari pada kue kering pada umumnya, karena penggunaan gula khusus dan tepung yang tidak mengandung gula terlalu banyak pada adonannya (FIT)