Pabrik Mesin Baru Toyota di Kerawang Beroperasi 2016

Jakarta, Sayangi.com – Toyota Motor Corporation (TMC) Jepang melalui anak perusahannya PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengumumkan akan memulai produksi mesin untuk kendaraan selain IMV* (International Innovative Multi-Purpose Vehicle) series di sebuah pabrik baru yang akan beroperasi pada semester awal 2016 di Kerawang, Jawa Barat.

Berdasarkan rilis yang diterima redaksi Sayangi.com, Selasa (20/7/2013), lokasi pabrik baru berdekatan dengan pabrik TMMIN di Karawang yang telah ada.

Sebelumnya, Toyota telah mengumumkan pembelian lahan seluas 150 hektar yang akan digunakan untuk pembangunan pabrik mesin baru tersebut pada bulan November tahun 2012 lalu.

Pabrik dengan kapasitas produksi mencapai 216.000 unit pertahun ini menelan investasi sebesar 2,3 triliun rupiah atau sekitar 23 miliar yen.

TMMIN juga berencana untuk menambah tenaga kerja sebanyak 400 orang seiring dengan adanya aktivitas produksi di pabrik tersebut. Lebih dari 50% hasil produksi akan diekspor ke pasar global.

Saat ini TMMIN memproduksi sekitar 195.000 unit mesin per tahun untuk jenis kendaraan IMV di Pabrik Sunter 1 Jakarta Utara untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik dan juga ekspor ke beberapa negara di kawasan ASEAN, Amerika Latin serta Afrika.

Kombinasi pabrik mesin yang telah ada dan pabrik mesin baru akan menjadikan TMMIN sebagai salah satu basis produksi dan suplai yang sangat penting bagi Toyota secara global.

Toyota berkomitmen untuk terus-menerus memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui peningkatkan aktivitas produksi, ekspor, distribusi dan layanan pelanggan di Indonesia.

Selain itu Toyota juga selalu mengembangkan produk-produk yang melebihi ekspektasi pelanggan seiring dengan semangat untuk berkontribusi secara signifikan dalam pengembangan industri otomotif Indonesia. (VAL)