Inilah 3 Jalur Mudik Non Tol via Bekasi

foto : facebook marlin dinamikanto

Jakarta, Sayangi.com – Meski masih banyak perbaikan jalan di jalur mudik, namun arus mudik tahun ini diprediksi akan lebih terurai. Kompol M Arsal Sahban, Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polresta Bekasi Kota, beralasan hal itu terjadi karena mulai 3 Agustus nanti, ada agenda cuti bersama.

“Arus mudik diperkirakan akan mulai ramai di H-5, bertepatan dengan weekend, Sabtu-Minggu,” ujar Arsal mencoba memprediksi saat dihubungi wartawan sayangi.com di kediamannya, Kamis (30\7).

Arsal Sahban memperkirakan, puncak arus mudik terjadi pada H-3 atau 5 Agustus. Lebih terurainya arus mudik dipermudah dengan dilarangnya truk-truk ekspedisi besar beroperasi pada H-4, kecuali truk BBM dan sembako.

Jumlah pemudik yang mengendarai sepeda motor dan melintas di jalur mudik wilayah Kota Bekasi kali ini, lanjut dia, akan naik dibanding tahun sebelumnya. “Menurut data tahun lalu, hasil perhitungan dari H-9 hingga H+6, jumlah pemudik sepeda motor sekitar 5 juta unit. Tahun ini diperkirakan bertambah menjadi 7 juta unit dalam rentang waktu yang sama,” katanya.

Berikut tiga jalur mudik non-tol di Kota Bekasi yang dapat dilalui:

1. Jalur utara: Meliputi rute perbatasan DKI Jakarta – Jalan Sultan Agung – Medansatria Kota Bekasi- Jalan Sudirman – Jalan Juanda hingga perbatasan Kabupaten Bekasi.

2. Jalur tengah: Meliputi rute Jalan Inspeksi Kalimalang – Jalan KH Noer Ali – Jalan M Hasibuan – Jalan Chairil Anwar hingga perbatasan Kabupaten Bekasi.

3. Dan jalur selatan: Meliputi Jalan Ahmad Yani – Jalan Siliwangi hingga Jalan Trans Yogi, Cibubur. (MARD)