Pipa Pertamina Meledak di Tasikmalaya

Foto: Antara

Tasikmalaya, Sayangi.com – Peristiwa kebakaran dan ledakan pipa Pertamina terjadi sekitar pukul 18.05 WIB. Peristiwa diduga dipicu dari korsleting listrik saat truk menyedot premium yang keluar dari pipa bocor. Hingga pukul 22.30 WIB, api di lokasi kejadian masih belum bisa dijinakkan. Sebanyak enam unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan di lokasi kejadian. Dalam peristiwa tersebut dua orang pekerja luka berat dan dilarikan ke rumah sakit.

Sebelum kejadian Warga mengambil bahan bakar minyak (BBM) di sekitar jalur pipa milik Pertamina yang bocor di Desa Pasir Batang, Manonjaya, Tasikmalaya, Jabar, Selasa siang (30/7). Meskipun dilarang oleh pihak Kepolisian dan Pertamina, namun warga masih tetap mengambil bensin yang tersisa.

Sementara itu pihak Pertamina menjamin pasokan bensin premium aman pasca ledakan pipa yang terjadi di Dusun Maribaya, Desa Ancol, Kecamatan Cineam, Tasikmalaya.

“Pasokan aman, karena wilayah Tasik bisa dicover dari Balongan, Padalarang, dan Ujung Berung,” kata Vice President Corporate Comunication Pertamina, Ali Mudakir.

Pipa yang terpasang di lokasi kebakaran, jelas Ali, merupakan pipa yang diperuntukan untuk mengalirkan bensin premium dari terminal bahan bakar minyak (BBM) Lomanis ke terminal BBM di Tasikmalaya.

“Untuk sementara pasokan dari Lomanis dihentikan dulu sampai dengan selesai perbaikan di Tasikmalaya,” kata Ali. (RH/ANT)