Buruan, Penukaran Uang di Monas Tinggal 2 Hari

Foto: Sayangi.com/Yan Zavin

Jakarta, Sayangi.com – Bagi Anda yang ingin menukar uang ke pecahan Rp20 ribu dan pecahan yang lebih kecil, segeralah datang ke Monas, Jakarta Pusat. Di sana Bank Indonesia (BI) memberikan pelayanan penukaran uang demi membantu masyarakat yang membutuhkannya untuk keperluan Lebaran.

Kegiatan penukaran uang ini dilakukan oleh BI bekerjasama dengan 11 bank lain, diantaranya: BCA, Cim Niaga, Bank BJB, Bank DKI, Bank BTN, Bank BRI, Bank Mandiri, BNI, BII, Bank Mega, dan Bank Permata. Layanan ini sudah dibuka 10 Juli hingga 2 Agustus 2013, demi memenuhi kebutuhan transaksi masyarakat khususnya uang pecahan kecil.

Dari pantauan Sayangi.com di lapangan, tenda-tenda berikut kursi disediakan untuk masyarakat menunggu antrean. Sehingga masyarakat nyaman dan tidak berdesakan serta tidak harus panas-panasan mengantre. Untuk keamanan kegiatan, di sekitar areal penukaran uang dibantu oleh pengamanan dari kepolisian, yaitu pasukan Brimob.

“Penukaran uang pada 10 Juli lalu kami sudah bangun 9 tenda. Salah satu pelayanan yang diberikan agar masyarakat yang antre nyaman dan kondusif. Apalagi dalam kegiatan ini juga sudah dibantu dari petugas keamanan pihak kepolisian. Antisipasi banyaknya warga yang berdesakan. Semoga saja tidak sampai terjadi tindak kriminal,” kata Asisten Direktur Departemen Pengedaran Uang BI, Faisal, kepada Sayangi.com di Parkir IRTI Monas, Rabu (31/7).

Namun, kata Faisal, batas waktu penukaran uang untuk keperluan lebaran ini tinggal dua hari lagi.

“Bagi warga yang belum datang biar segera datang ke Parkir IRTI Monas, masih ada kesempatan penukaran uang sampai Jumat (2/8) besok. Layanannya dibuka mulai pukul 09.00-14.00 WIB. Prosesnya sederhana, yaitu antre di tenda yang disediakan setelah itu menukar uang sesuai dengan paket,” tutur Faisal.

Lanjut Faisal menjelaskan, nominal uang yang dapat ditukar dibatasi, sistem paket yaitu Rp 3,7 juta untuk satu kali penukaran, dengan rinciannya uang Rp 20 ribu sebanyak Rp 2 juta, Rp 10 ribu sebanyak Rp 1 juta, Rp 5 ribu sebanyak Rp 500 ribu dan Rp 2 ribu sebanyak Rp 200 ribu. (HST)

Berita Terkait

BAGIKAN