KPU Larang Anak-Anak Ikut Kampanye Pemilu

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) sedang menggodok peraturan yang melarang keikutsertaan anak-anak atau warga yang belum memenuhi syarat sebagai pemilih terlibat dalam kegiatan kampanye partai politik peserta Pemilu 2014. Demikian diungkapkan Komisioner KPU Ida Budhiati.

“Sudah diformulasikan dalam peraturan KPU bahwa peserta pemilu dilarang memobilisasi anak-anak dalam kampanye,” kata Ida Budhiati, Rabu (31/7) di sela-sela kegiatan antara KPU dan Komisi II DPR di Jakarta.

Poin larangan tersebut dijelaskan dalam draf PKPU Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Kampanye.

Lanjut Ida, dalam draft tersebut, apabila ada orang tua terpaksa tidak bisa meninggalkan anak mereka di rumah pada saat kampanye, maka pelaksana kampanye maupun peserta Pemilu wajib menyediakan sarana untuk menitipkan anak-anak.

“Kalau ada keluarga yang tidak mampu membayar pengasuh dan tempat penitipan anak, sehingga kesulitan meninggalkan anak di rumah, maka itu kewajiban parpol untuk menyediakan tempat bagi anak,” jelas Ida.

KPU akan menjatuhkan sanksi administratif kepada parpol yang terbukti melibatkan anak-anak di bawah usia pemilih dalam pelaksanaan kampanye.

“Peringatan akan diberikan kepada pelaksana dan atau petugas kampanye. Mereka diberikan sanksi sesuai ketentuan perundang-undangan,” ujarnya. (HST/ANT)