Di Tengah Perseteruan Ahok-Lulung, 400 PKL Daftar ke Blok G Tanah Abang

Foto: Sayangi.com/Reza Indrayana

Jakarta, Sayangi.com – Sejak dibuka pendaftaran relokasi pedagang kaki lima Tanang Abang Pasar Blok G, Jakarta Pusat, Selasa pekan lalu, hingga  hari ini, Rabu (31/7), sudah lebih dari 400 pedagang mendaftar. Relokasi PKL ini sempat menjadi kontroversi, menyusul perseteruan tokoh masyarakat setempat, H. Lulung dan Wakil Gubernur DKI, Basuki T. Purnama alis Ahok.

“Hari ini merupakan yang terbanyak mendaftarnya di Kantor Pasar Blok G di lantai 4 Pasar Tanah Abang. Persyaratannya sama, diutamakan harus memiliki KTP DKI Jakarta. Pedagang yang direlokasi adalah pedagang yang terdata di Sudin KUMKMP Jakarta Pusat. Jika ada yang belum terdata, sementara pihaknya akan menampung terlebih dulu,” ujar Kepala Pasar Blok G Tanah Abang, Warimin kepada Sayangi.com di kantornya, Kamis, (31/7).

Buat yang belum mendaftar, jangan buru-buru cemas. Sebab, menurut Wariman, pendaftaran dilakukan tiap hari. Bahkan akan dilanjutkan setelah Lebaran nanti.

Sementara untuk los tempat usaha yang siap dipakai berjumlah 1.067. Los yang rusak dalam perbaikan. Untuk total los pedagang di Blok G berjumlah 2.272 los.

Berdasarkan pemantauan, tampak tukang las tengah mengerjakan perbaikan rolling door di lapak yang rusak. Perbaikan dan pengecetan juga dilakukan terhadap kamar mandi, tangga naik, jembatan penyeberangan orang. “Kami dari PD Pasar Jaya berupaya memberikan fasilitas yang nyaman dan aman buat seluruh pedagang di sini. Para pedagang kaki lima yang tidak mau pindah ke mari, ya tidak apa-apa. Kami tidak bisa memaksanya,” pungkasnya. (HST)