Toples Jadul Untuk Lebaran Ceriamu

Foto: Sayangi.com/Emil Ondo

Jakarta, Sayangi.com – Warga jakarta tentu tak asing lagi dengan kawasan kompor cawang. Berada di sepanjang jalan Dewi Sartika, kawasan ini menjual anek ragam produk berbahan dasar aluminium hingga stainless steel. Mulai dari kompor, oven, loyang, hingga toples-toples cantik. Nah musim lebaran kali ini, dimana trend vintage sedang booming, pedagang tak mau kalah menyediakan toples cantik dengan bentuk-bentuk jadul, macam kaleng kerupuk yang ada di setiap warteg. Bedanya, yang ini punya warna-warni cerah dan bentuk imut.

Untuk menciptakan kesan vintage pada dekorasi ruangan, aksesoris yang digunakan biasanya berbahan dasar kayu atau berbahan minimalis tanpa banyak akses dan corak. Toples ini bisa menjadi alternatif untuk tempat kue kering sekaligus mempercantik meja ruang tamu. Bentuknya yang kuno menjadi penguat kesan vintage tanpa harus menggunakan toples berbahan dasar mahal.

Toples berbahan dasar aluminium hanya dihargai Rp 20 ribu saja. Jika mengambil dalam jumlah banyak, tentu penjual tak akan segan memberikan diskon. Jika suka dengan kerajinan tangan, toples ini masih bisa didekorasi dengan pita atau cat warna-warni. Tapi untuk yang tak suka banyak corak dan menginginkan kesan kuno lebih dominan, bentuk aslinya cukup menawan.

Sementara toples berbahan dasar stainless steel, bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 70 hingga 125 ribu tergantung dengan besar toplesnya. Ali, salah seorang pedagang di kawasan kompor Cawang mengatakan, toples berbahan stainless steel dihargai lebih mahal karena bahan bakunya yang cukup sulit dan tentu saja lebih bagus dibandingkan dengan aluminium. Proses pembuatannya pun, kata dia, lebih rumit.

“Kalau berbahan stainless tentu lebih mahal dibandingkan dengan aluminium. Tapi, dua-duanya sama-sama bagus dan kuat,” katanya. Ditanya soal kenaikan pembelian, dia mengaku lebaran ini dirinya mendapat kenaikan pembelian hingga 40 persen. “Sekali produksi dalam sehari, toples alumuniumnya pasti langsung ada saja yang beli,” katanya. Jadi tunggu apalagi? Berburu toples jadul buat lebaran ceriamu yuk.. (FIT)