Hatta Rajasa Kecewa Banyak Perusahaan Asing tak Patuh Aturan

Foto: sayangi.com/Okky

Jakarta, Sayangi.com – Menteri Koordinator Perekonomian RI Hatta Rajasa menyayangkan banyaknya perusahaan tambang asing yang tidak mau membangun pabrik pemurnian dan pengolahan mineral atau smelter. Oleh karenanya, ia tak segan-segan mengacam perusahaan yang kerap mangkir dan tidak patuh pada aturan itu untuk berhenti beroperasi.

“Silahkan saja yang mau stop produksi, kita akan stop mengekspor bahan mentah,” tegas Hatta saat menjadi keynote speaker dalam Dialog Nasional, Kajian Strategis Dewan Pakar ICMI di Hotel Grand Cempaka, Jakarta, Rabu (31/7/2013).

Bahkan Hatta kembali menyoroti peran asing dalam banyak perusahaan di Indonesia. Menurutnya, pemanfaatan sumber daya alam (SDA) harus dikuasai oleh negara dan diperuntukkan seutuhnya bagi rakyat.

Menurutnya, ketegasan terhadap perusahaan asing itu penting, karena prinsip perekonomian Indonesia didasarkan atas dasar sistem ekonomi yang berkelanjutan dan kesatuan ekonomi nasional.

Lebih lanjut Hatta menjelaskan pentingnya proses Hilirisasi guna meningkatkan para insinyur bekerja dalam pemanfaatan SDA di Indonesia.

“Saya pernah bertemu dengan owner salah satu perusahaan pertambangan, mereka bilang akan berhenti beroperasi jika ada smelter. Saya jawab silahkan saja anda berhenti beroperasi,” ujarnya.

Selain pembangunan smelter, poin lainnya yang ditekankan Hatta untuk pemanfaatan SDA seluas-luasnya bagi rakyat adalah melepaskan lahan, IPO di Indonesia, dan melakukan revisi saham 51 persen. (MI)