Agus Joko Pramono Dilantik Menjadi Anggota BPK

Foto: Sayangi.com/Okky Tirto

Jakarta, Sayangi.com – Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Hadi Poernomo melantik Agus Joko Pramono menjadi anggota BPK RI yang baru dengan masa jabatan 2013-2014 menggantikan Taufiequrahman Ruki. Menurut dia, pengucapan sumpah jabatan anggota baru BPK tersebut dilakukan untuk memenuhi amanat Undang-Undang No.15 Tahun 2006 Pasal 22 ayat 3 tentang Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia.

“Dengan kelengkapan sarana dan alat kerja kami tentunya kinerja BPK diharapkan akan lebih baik dan dengan kehadiran anggota baru, tentu besar harapan agar dapat membantu mempercepat kerja BPK,” kata Hadi Poernomo di Jakarta, Kamis (1/8).

Agus Joko Pramono mengucapkan sumpah jabatan sebagai Anggota BPK dengan masa jabatan 2013-2014 untuk menggantikan Taufiequrahman Ruki yang berakhir masa jabatannya sebagai anggota BPK karena telah memasuki masa pensiun pada 18 Mei 2013.

Hadi mengatakan peresmian pengangkatan Agus sebagai anggota BPK ditetapkan pada 27 Juli 2013 berdasarkan Keputusan Presiden RI No.88/P Tahun 2013 tentang Peresmian Pengangkatan Pengganti Antar Waktu. Dalam keputusan tersebut, kata dia, dijelaskan bahwa Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dengan Keputusan No.09/DPR RI/IV/2012-2013 pada 2 Juli 2013 telah memberikan persetujuan terhadap Agus Joko Pramono sebagai Calon Pengganti Antar Waktu.

Keputusan DPR tersebut menindaklanjuti surat Ketua BPK No.22/I-X/01/2013 pada 30 Januari perihal penggantian antar waktu dan pemberitahuan berakhirnya masa jabatan anggota BPK. Pada kesempatan itu, Agus yang dilantik sebagai anggota BPK baru bersumpah untuk tidak menerima suatu janji atau pemberian dalam bentuk apapun dari pihak manapun terkait dengan jabatannya tersebut.

Agus juga mengucapkan janji untuk memenuhi kewajiban sebagai anggota BPK dengan sebaik-baiknya dan dengan bertanggung jawab sesuai dengan UUD 1945 dan peraturan lain yang berkenan dengan jabatan tersebut.

Agus Joko Pramono melanjutkan sisa masa jabatan Anggota BPK yang digantikannya sampai dengan tahun 2014, dimana pelaksanaan tugas dan wewenangnya ditentukan kemudian sesuai Peraturan BPK RI No.1 Tahun 2010 tentang Pembagian Tugas dan Wewenang Ketua, Wakil Ketua, dan Anggota BPK RI.

Acara pengucapan sumpah jabatan itu dihadiri oleh Wakil Ketua BPK Hasan Bisri, para anggota BPK, para pimpinan lembaga negara, dan para pejabat di lingkungan BPK. Agus Joko Pramono lahir di Palembang pada 1 Agustus 1972.Dia pernah menjabat sebagai Tenaga Ahli BPK bidang BUMN/BUMD dan Kekayaan Negara yang Dipisahkan.

Agus juga pernah menjadi dosen di beberapa perguruan tinggi, antara lain di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Universitas Pancasila, Universitas Trisakti (HST/ANT)