KPU Diminta Sinkronkan DPS Online dan Faktual

Jakarta, Sayangi.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) diminta mensinkronisasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) online dan faktual. Hal itu, kata Wasekjen DPP Partai Hanura, Kristiawanto untuk memastikan agara Pemilihan Umum (Pemilu) berjalan jurdil.

“Masalah mendasar DPS harus segera dituntaskan,” kata Kristiawanto kepada Sayangi.com, Kamis (1/8).

Menurut Kris, pemerintah dan KPU sebagai pihak yang bertanggungjawab masalah DPS harus secepatnya mengambil langkah solutif terhadap kelemahan-kelemahan mendasar dalam penyusunan daftar pemilih. Masalah daftar pemilih adalah masalah utama pesta demokrasi nasional lima tahunan tersebut.

“Pihak yang bertanggungjawab menyusun daftar pemilih tidak boleh main-main. Hak memilih merupakan hak dasar setiap warga negara yang diatur dalam konstitusi, jadi negara harus menjaminnya,” pungkasnya.

Kris yakin jika masalah daftar pemilih dapat segera diselesaikan tentunya pengalaman kelam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2009 silam tidak terulang kembali. Karenanya, lanjut dia, segera integrasikan dan sinkronkan DPS yang sudah masuk, sehingga DPS daring (online) yang ditayangkan KPU  bisa dijadikan acuan semua pihak untuk mengecek nama pemilih. (HST)