Eksotisme Pulau Asmara dan Batu Cinta di Situ Patenggang

Foto: kliktoday.com

Bandung, Sayangi.com – Jika anda sedang berkunjung ke wilayah Bandung Selatan, tak ada salahnya singgah ke danau Situ Patenggang. Salah satu kawasan wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Situ yang berarti danau dalam bahasa Sunda ini berada di dataran tinggi sekitar 1600 meter dari permukaan laut di kaki Gunung Patuha.
Untuk dapat tiba di danau Patenggang ini, anda membutuhkan perjalanan sekitar 2 jam dari kota Bandung, Jawa Barat. Tepatnya di Ciwidey.

Dalam perjalanan menuju Situ Patenggang ini anda akan ditemani pemandangan dengan nuansa hijau yang terdiri dari pohon-pohon rindang dan hamparan perkebunan teh berwarna hijau yang sangat menyejukan mata. Tapi, hati-hati untuk yang suka mabuk perjalanan, karena untuk menuju kesana, jalan yang dilalui berkelok-kelok. Buat yang suka berpetualang, ini justru menambah seru perjalanan.

Sesampainya di Situ Patenggang anda akan disambut oleh sebuah danau luas dan berair tenang, juga pengunungan yang menjulang mengelilingi Situ Patenggang. Di tepi danau yang tenang tersebut anda akan menemui pemandangan perahu dengan warna-warna terang yang siap mengantarkan anda dan keluarga menjelajahi danau lebih jauh lagi.

Tak hanya itu, untuk menyewa sepeda air untuk mengelilingi danau, anda bisa membayar uang sewa Rp 30 ribu. Jika tak mau terlalu jauh dari pantai, gowes sepeda air bisa menjadi pilihan. Tak ingin capek-capek mengayuh? Duduk saja di saung-saung yang terletak di sekitar danau untuk menikmati semilir angin dan udara sejuk yang nyaris tak pernah kita temukan di kota-kota besar.

Jangan lupa pula mengunjungi Batu Cinta. Salah satu tempat favorit yang bisa kita kunjungi di Situ Patenggang. Sebuah lokasi dengan batu besar sebagai penandanya yang berada di tengah danau. Batu Cinta berasal dari sebuah legenda Jawa Barat. Disebutkan di tempat inilah Ki Santang dan Dewi Rengganis, sepasang kekasih yang harus melalui perjalan sulit dalam kehidupan percintaan mereka, akhirnya dapat bertemu kembali ditempat ini setelah sebelumnya berpisah. Sementara air danau yang terdapat di Situ Patenggang menurut mitos masayarakat setempat dipercaya merupakan air mata sepasang sejoli ini.

Itulah sebabnya Situ Patenggang juga disebut sebagai Situ Penganten. Untuk mengetahui sekelumit kisah ini, anda dapat membacanya pada sebuah lukisan bergambar panorama Situ Patenggang yang berada di lokasi Batu Cinta. Masyarakat setempat juga percaya bahwa jika mengunjungi batu tersebut bersama pasangan anda, maka hubungan dengan pasangan tersebut akan langeng.

Bagaimana, tertarik untuk melihat panorama eksotisme keindahan danau Situ Patenggang bersama kekasih? Hmmm, siapa tau hubungan anda akan langeng juga seperti Ki Santang dan Dewi Rengganis. (Berbagai Sumber)