Mudik Sehat dan Aman, Pilihan Keluarga Cerdas

www.komhukum.com

Jakarta, Sayangi.com – Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Sambodo Purnomo mengatakan, grafik angka kecelakaan meningkat per tahunnya. Tahun lalu, jumlah kecelakaan dari H-7 hingga H+7 untuk wilayah hukum Jakarta sebanyak 244 kejadian dengan korban meninggal dunia 29 orang, luka berat 86 orang, luka ringan 232 orang. Kerugian materi tercatat mencapai 955 juta rupiah.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Sambodo pada diskusi interaktif dengan rekan media dengan bertema “Mudik Sehat dan aman, Pilihan Keluarga Cerdas” oleh Perusahaan Ansuransi Sequislife,  di sebuah Cafe Jalan Jendral Sudirman (1/8).

Menurut Sambodo, Penyebab utama kecelakaan adalah faktor kelalaian manusia.

“Kecelakaan tahun lalu melibatkan 399 kendaraan dengan 159 mobil dan 240 motor,” ungkapnya.

Bagi pemudik, imbuh Sambodo, hendaknya selalu mengingat beberapa hal agar selalu aman berkendaraan, diantaranya mengecek kendaraan sebelum mudik, menggunakan perlengkapan standar kendaraan bermotor, wajib mematuhi aturan lalu lintas.

Khusus bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor selalu menjadi masalah dari tahun ke tahun terutama mereka yang membawa anggota keluarganya.

“Contoh tahun lalu, ada seorang anak yang selama perjalanan mudik menggunakan sepeda ditutupi selimut, maksudnya agar terlindung dari sengatan matahari dan polusi udara. Namun setiba di kampung halaman, anak itu meninggal,” sambungnya di acara yang diadakan oleh PT Ansuransi Jiwa Sequislife

Sementara itu, menurut Head of Underwriting PT A.J. Sequislife, dr. Norikas Horas, kesehatan stamina dan kebugaran tubuh sangat diperlukan.

Ada tiga hal penting yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan panjang atau mudik, yaitu aman, nyaman (sehat) dan terlindungi.

“Yang bisa kita lakukan adalah waspada dan mempersiapkan diri dengan memiliki produk asuransi khusus kecelakaan. Dengan premi yang relatif terjangkau, santunan asuransi dapat memperingan bebab finansial dan beban mental korban dan keluarga,” paparnya.

Acara tersebut merupakan kelanjutan dari berbagai rangkaian kegiatan yang dilakukan perusahaan asuransi untuk mencapai visi 2012 yaitu “The Leading Life and Health Insuree in Indonesia. Dalam acara tersebut juga diperkenalkan Lina Bong sebagai President Director PT. A.J. Sequis Financial yang baru. Sequis Financial merupakan anak perusahaan Sequislife yang berkonsentrasi pada Alternatif Distribution Channel (VAL).